Panduan Lengkap Cara Beli Tiket Indonesia Vs Argentina

Tiket Indonesia dan Argentina tersedia awal Juni

Jakarta, IDN Times - PSSI sudah merilis tiket laga FIFA Matchday yang mempertemukan Indonesia verus Argentina, 19 Juni 2023 kelak. Ada mekanisme tersendiri yang harus ditempuh oleh para calon pembeli.

Dalam sesi jumpa pers di Gelora Bung Karno, Senin (29/5/2023), Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan mekanisme pembelian tiket laga ini. Seperti apa mekanismenya?

1. Tiket bisa diakses di tiket.com dan situs resmi PSSI

Panduan Lengkap Cara Beli Tiket Indonesia Vs Argentina

Erick nenyatakan tiket Indonesia kontra Argentina bisa dibeli secara daring via tiga situs. Pertama, via situs resmi PSSI, kedua lewat tiket.com, dan ketiga melalui aplikasi tiket.com. Di luar itu, PSSI tidak menyediakan tiket.

"Pembelian tiket bisa melalui situs PSSI, situs tiket.com, dan aplikasi mobile-nya. Kami akan menjual 60 ribu tiket, dan kick-off laga dimulai pada pukul 19.30 WIB," ujar Erick.

Baca Juga: Harga Tiket Indonesia Vs Argentina, Mulai dari Rp600 Ribu

2. Harga tiket dan ketentuan pembelian tiket

Panduan Lengkap Cara Beli Tiket Indonesia Vs ArgentinaLionel Messi memenangkan Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. (instagram.com/leomessi)

Untuk harga tiket, PSSI mengumumkan ada empat kategori yang dijual. Kategori III dihargai Rp600 ribu, kategori II Rp1,2 juta, kategori I Rp2,5 juta, dan VIP Barat-Timur Rp4,25 juta.

"Jadi, rata-rata harga tiket tetap di satu jutaan. Saya rasa, hitung-hitungan yang kami lakukan secara maksimal. Tahun depan, ada pertandingan internasional lagi di Indonesia," ujar Erick.

Terkait ketentuan pembelian tiket, Erick menegaskan satu KTP hanya bisa dipergunakan untuk pembelian dua tiket. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar tiket tak jatuh ke tangan calo dalam jumlah masif.

"Ya, kami nanti ada sistem yang dibangun, salah satunya lebih ketat lagi, satu KTP hanya berlaku dua tiket. Ini kami perketat, jangan sampai nanti ada masyarakat yang benar-benar cinta sepak bola malah terkesampingkan," kata Erick.

3. Jadwal pembelian tiket

Panduan Lengkap Cara Beli Tiket Indonesia Vs ArgentinaPemain timnas Argentina Lione Messi (kanan) berselebrasi usai mencetak gol dari titik pinalti ke gawang Prancis pada pertandingan Final Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail, Lusai, Qatar, Minggu (18/12/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Paul Childs)

Tiket pada dasarnya sudah dijual sejak 5 Juni 2023 nanti. Khusus tanggal ini, tiket diperuntukkan bagi para nasabah BRI, atau BRI Card Holder.

Baru pada 6 dan 7 Juni 2023, tiket untuk publik dilepas ke pasaran. Tiket bisa dibeli dengan semua metode pembayaran.

"Ya, tentu kami melakukan riset untuk harga tiket agar terjangkau masyarakat. Tapi, saya juga ingin mengetuk, jangan selalu ketika membawa event olahraga besar, selalu kalah saing dengan entertainment," kata Erick.

4. Tiket ditukarkan sebelum pertandingan

Panduan Lengkap Cara Beli Tiket Indonesia Vs ArgentinaStriker timnas Argentina Lione Messi mencetak gol dari titik penalti ke gawang Prancis pada pertandingan Final Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Lusail, Lusai, Qatar, Minggu (18/12/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez)

Divisi Komersial PSSI, Marshal Masita, menyebut nantinya tiket yang sudah dibeli secara online, akan ditukarkan sebelum hari H pertandingan. Hal itu untuk mengantisipasi calo dan tiket ganda.

"Kami akan buat penukaran tiket H minus sekian sebelum pertandingan. Kami tidak akan tumpuk di hari H, antisipasi di sebelumnya. Seluruh tiket akan ditukar sebelum hari H pertandingan," kata Marshal.

Baca Juga: War Tiket Indonesia vs Argentina Diprediksi Lebih Ramai dari Coldplay

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya