Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas Spanyol

Pedri dan Gavi tampil ciamik di Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Timnas Spanyol memiliki masa depan yang cerah, terutama jika menilik ke lini tengah. Era Xavi Hernandez dan Andres Iniesta sudah usai di Timnas Spanyol. Akan tetapi, kini ada dua sosok baru yang siap jadi penerus. Mereka adalah Pedri dan Gavi.

Kilatan bayangan Xavi dan Iniesta dalam diri Pedri dan Gavi sudah tampak ketika Spanyol bersua Kosta Rika pada laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar, Kamis (24/11/2022) dini hari. Dengan Pedri dan Gavi di lini tengah, Spanyol mendominasi laga.

1. Pedri dan Gavi mengatur aliran bola Spanyol

Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas SpanyolSpanyol kalahkan Kosta Rika di Piala Dunia 2022. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Di laga ini, Pedri dan Gavi jadi pengatur aliran bola Spanyol di lini tengah. Total, keduanya mencatatkan jumlah umpan sebesar 163 kali dengan persentase kesuksesan 93,55 persen. Tak heran, permainan Spanyol begitu hidup di laga ini.

Performa Gavi dan Pedri ini juga ditopang oleh kehadiran Sergio Busquets, sosok senior yang mendampingi mereka di lini tengah. Hadirnya Busquets menyempurnakan kuasa Spanyol di lini tengah dalam laga ini.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Spanyol Bantai Kosta Rika, Gavi Sejajar Pele

2. Pedri dan Gavi tampil saling mengisi

Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas SpanyolPedri bintang baru Spanyol (fifa.com)

Selain andal dalam mendistribusikan bola, ada hal-hal lain yang membuat Pedri dan Gavi menakutkan. Salah satunya adalah perkara keduanya yang mampu tampil saling mengisi. Sebagai gelandang tengah, daya jelajah Pedri dan Gavi sama-sama apik.

Gavi dan Pedri adalah dua pemain yang bisa menjelajah hampir seluruh area lapangan, termasuk area tengah. Hal ini menghadirkan kecairan di lini tengah Spanyol, karena tak ada pemain yang terpatok pada satu posisi.

Misal begini, ada satu momen Pedri jadi penyusun serangan, maka Gavi akan menjaga kestabilan di lini tengah. Ketika Gavi menerobos ke kotak penalti, giliran Pedri yang mundur menjaga kedalaman lini tengah.

Saling isi inilah yang membuat lini tengah Spanyol tidak kopong. Sesuai dengan visi misi Luis Enrique selaku pelatih, Spanyol harus mendominasi laga secara konstan.

3. Potensi Pedri dan Gavi ciptakan sejarah

Pedri dan Gavi, Penerus Duet Xavi dan Iniesta di Timnas SpanyolSpanyol mengalahkan Kosta Rika di Piala Dunia 2022 Qatar. (ANTARA FOTO/REUTERS/Carl Recine)

Hadirnya sosok Pedri dan Gavi ini membuat Spanyol berpotensi menciptakan sejarah. Dahulu, duet Xavi dan Andres Iniesta membawa Spanyol kepada banyak gelar, seperti 2 gelar Piala Eropa dan 1 gelar Piala Dunia.

Memang, masih terlalu dini menyebut Pedri dan Gavi akan membawa Spanyol juara di Piala Dunia 2022 ini. Akan tetapi, mencuatnya dua nama pemain muda setidaknya menunjukkan bahwa regenerasi di skuat La Furia Roja belum sepenuhnya berhenti.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda Timnas Spanyol di Piala Dunia, Gavi Pecahkan Rekor!

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya