Comscore Tracker

Pelajaran buat Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2022

Kualitas skuad Indonesia jauh di bawah lawan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia menutup babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan pilu. Bertanding di Stadion Zabeel, Jumat (11/6/2021) malam, skuad Garuda tumbang dengan skor 0-5 dari Uni Emirat Arab.

Kekalahan ini pun semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai juru kunci grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka cuma menorehkan satu poin, mencetak lima gol dan kebobolan 27 gol.

Bisa dibilang, selama babak kualifikasi ini, kualitas timnas Indonesia tertinggal jauh, bahkan dari sesama tim asal Asia Tenggara semacam Thailand, Malaysia dan Vietnam. Hal ini pun jadi pekerjaan rumah yang besar bagi Indonesia.

1. Asisten pelatih Indonesia tidak puas dengan penampilan tim

Pelajaran buat Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (pssi.org)

Asisten pelatih timnas Indonesia, Choi In Cheul, mengakui tim pelatih tidak puas dengan penampilan tim selama babak kualifikasi ini. Namun, ia juga sadar bahwa selain secara kualitas, skuad Indonesia juga kalah dari segi pengalaman.

"Jujur kami tidak puas dengan penampilan kami selama babak kualifikasi ini. Padahal kami sudah melakukan persiapan dan latihan dengan baik. Kami juga banyak kalah dalam pengalaman bertanding," ujar Choi, dilansir situs resmi PSSI.

Namun, Choi juga berharap ke depannya skuad Indonesia yang banyak berisikan pemain muda ini mau belajar dari kegagalan di babak kualifikasi ini. Menurutnya, itu akan jadi bekal bagi Indonesia untuk laga-laga internasional ke depannya.

"Tapi kita belajar dari pengalaman bertanding dan kekalahan ini, pasti nanti tim ini akan berkembang, karena pemain kami rata-rata berusia muda, jadi ke depannya saya yakin sepak bola Indonesia akan menjadi lebih baik lagi,” ujar Choi.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas Indonesia Dibantai UEA

2. Ketum PSSI tegaskan timnas akan terus berproses

Pelajaran buat Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2022Timnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan hasil buruk timnas Indonesia di babak kualifikasi ini merupakan bagian dari proses. Ke depannya, ia berharap skuad Garuda mampu meraih hasil positif.

"Tim ini disiapkan untuk ajang SEA Games 2021, Piala AFF 2021 dan turnamen-turnamen bergengsi lainnya. Pemain harus tetap semangat dan memetik pelajaran di tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 ini,” ujar Iriawan.

3. Iriawan ingin mendengarkan pemaparan Shin Tae Yong

Pelajaran buat Timnas Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2022PSSI adakan pertemuan dengan Shin Tae-yong dan stafnya. (Website/pssi.org)

Iwan Bule --sapaan akrab Iriawan-- juga menyebut evaluasi akan dilakukan sekembalinya timnas Indonesia ke Tanah Air. Ia ingin mendengarkan langsung pemaparan dari Shin Tae Yong, terkait apa saja yang harus dibenahi dari skuad Garuda.

"Kami ingin mendengar laporan dari pelatih Shin Tae Yong terkait timnas Indonesia selama di UEA. Apa saja yang harus dibenahi, dan apakah ada kendala di tim. Kami juga ingin melihat road map Shin Tae Yong untuk Timnas Indonesia selanjutnya,” ujar Iwan Bule.

Baca Juga: Timnas Vs UEA Diwarnai Salah Putar Lagu Indonesia Raya

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya