Pelatih Persija Beberkan 'Resep' Tumbangkan Persib

Kelemahan itu adalah antisipasi umpan silang

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta mendapatkan hasil apik dalam leg pertama babak final Piala Menpora 2021. Menghadapi Persib Bandung di Stadion Maguwoharjo, Kamis (22/4/2021), Persija menang dengan skor 2-0.

Pelatih Persija, Sudirman, mengakui bahwa di laga ini, ia sukses mengeksploitasi kelemahan Persib, yakni antisipasi umpan silang yang buruk. Dua gol Persija yang dicetak Braif Fatari dan Taufik Hidayat bermula dari situasi umpan silang ini.

"Kita eksploitasi kelemahan Persib. Persib memang tidak pernah kalah. tapi mereka selalu kemasukan. Itu strategi saya kepada pemain. Pemain harus berani menyerang dan masuk kotak penalti. Persib tak pernah kalah, tetapi bukan tim yang tidak bisa dibobol," ujar Sudirman dalam jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: [BREAKING] Persija Bekuk Persib 2 Gol Tanpa Balas

1. Braif dan Taufik tampil apik

Pelatih Persija Beberkan 'Resep' Tumbangkan PersibPersija vs Persib. (ligaindonesiabaru.com)

Dalam laga ini, Sudirman juga memberikan pujian khusus kepada Braif dan Taufik. Keberanian Sudirman memasukkan dua pemain muda di laga sekelas final Piala Menpora 2021 ini nyatanya membuahkan hasil, karena Braif dan Taufik pada akhirnya mampu mencetak gol.

"Saya beri kepercayaan kepada Tauik dan Braif di laga ini, alhamdulillah kepercayaan yang diberikan ini dimanfaaatkan dengan baik oleh ,mereka. Mudah-mudahan pemain muda Persija bisa tunjukan kualitas untuk mengangkat tim di kemudian hari," ujar Sudirman.

Lebih lanjut, Sudirman juga mengungkapkan ia tidak akan ragu memberikan jam terbang untuk pemain muda, jika kelak ada pemain senior yang tampil melempem. Menurutnya, pemain muda Persija punya potensi buat berkembang.

"Kami punya pemain-pemain muda yang berpotensi untuk berkembang. Tetapi, kami harus lihat frekuensi laga dan peak performa pemain-pemain senior. Kalau pemain-pemain senior tidak tampil bagus, kami berikan kesempatan kepada pemain muda," ungkap Sudirman.

Baca Juga: Ramai Kampanye Damai #Respect Jelang Persib Vs Persija

2. Apresiasi Sudirman untuk Tony Sucipto

Pelatih Persija Beberkan 'Resep' Tumbangkan PersibPersija vs Persib. (ligaindonesiabaru.com)

Selain kepada pemain muda, Sudirman juga beri apresiasi khusus untuk pemain senior, Tony Sucipto. Di laga ini, ia turun sebagai bek tengah. Namun, meski tampil di luar posisi biasanya, ia tetap menunjukkan performa yang brilian dan mampu menyaring serangan-serangan Persib.

"Tentu saya mengapresiasi penampilan Toncip (Tony Sucipto). Kita tahu Toncip itu bukan bek tengah, tetapi sebagai pelatih saya butuh dia, senior dia, dan pengalaman dia dalam setiap pertandingan yang dia pernah ikuti. Itu pemikiran saya untuk menurunkan Toncip," ujarnya.

3. Sudirman ajak pemain tetap fokus

Pelatih Persija Beberkan 'Resep' Tumbangkan PersibPelatih Persija Jakarta, Sudirman, dalam sesi jumpa pers daring pra-pertandingan semifinal Piala Menpora pada Sabtu 17 April 2021. (Instagram.com/persija)

Berkat kemenangan ini, Persija memiliki bekal positif untuk menghadapi leg kedua babak final pada Minggu (25/4/2021) nanti. Namun, Sudirman mengajak anak-anak asuhnya untuk tetap fokus. Masih banyak yang bisa terjadi di leg kedua nantinya.

"Ada laga kedua menanti lawan Persib. Kami tetap fokus dan tidak boleh merasa sudah unggul. Masuk ke lapangan di leg kedua harus berpikir skor masih 0-0. Kita tidak berpikir sudah menang supaya pemain fokus dan hasrat untuk menang di leg kedua," ungkap pelatih Persija tersebut.

Baca Juga: Pepdirman, Jawaban Pelatih Persija Atas Keraguan Fans

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya