Comscore Tracker

Pelatih Persija Senang sekaligus Heran dengan Kondisi Liga 1 2022/23

Dua sisi mata uang kelanjutan kompetisi

Jakarta, IDN Times - Perasaan campur aduk dirasakan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. Menurutnya, lanjutan Liga 1 2022/23 di tengah Piala Dunia 2022 ini menghadirkan kesenangan dan keheranan baginya.

Doll senang, karena setelah tertunda sekian lama, kompetisi akhirnya bergulir kembali. Ada kesan positif yang dia dapat. Di sisi lain, dia heran karena para pemainnya banyak yang absen. Mereka dipanggil Timnas Indonesia saat tak ada FIFA Matchday.

1. Kesan positif yang ditangkap pelatih Persija

Pelatih Persija Senang sekaligus Heran dengan Kondisi Liga 1 2022/23Wildan Ramdhani, penyerang baru Persita Tangerang. (Dok. Persita)

Untuk kesan positif, Doll mengaku senang Liga 1 2022/23 mulai kembali. Setelah 10 pekan lamanya tidak mentas, para pemain Persija akhirnya bisa turun gelanggang lagi. Latihan yang disusun pun jadi memiliki target.

"Situasi ini penting untuk sepak bola Indonesia karena akhirnya Liga 1 2022/23 mulai. Semua orang Indonesia di rumah bisa memilih apakah mereka mau menonton Piala Dunia atau Liga 1," ujar Doll dalam sesi jumpa pers.

Baca Juga: Menpora: Ada Evaluasi dalam Lanjutan Liga 1 2022/23

2. Doll heran dengan kondisi Liga 1

Pelatih Persija Senang sekaligus Heran dengan Kondisi Liga 1 2022/23Thomas Doll, pelatih Persija. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kendati senang, Doll juga merasa heran dengan kondisi Liga 1 2022/23 saat ini. Banyak pemainnya yang absen karena kompetisi bentrok dengan jadwal Timnas Indonesia, dan itu mengganggu kondisi tim.

"Kondisi ini pun bukan hal yang bagus untuk para pemain. Saya pikir semua tim mengalami hal yang serupa. Ini pertama kalinya di hidup saya terjadi dan ditambah para pemain tersebut berlatih bukan di FIFA Matchday," kata Doll.

3. Masukan Doll untuk PSSI

Pelatih Persija Senang sekaligus Heran dengan Kondisi Liga 1 2022/23Thomas Doll, pelatih baru Persija. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pada akhirnya, Doll pun memberikan sedikit masukan pada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Dia berkata, sejatinya federasi dan LIB selaku operator liga bisa merancang skema kompetisi dan pemanggilan pemain ke Timnas yang lebih baik.

"Banyak hal kecil yang menurut saya bisa dilakukan mereka (PSSI) dengan lebih baik ke depannya (soal kompetisi dan pemanggilan pemain ke Timnas," tutur Doll.

Persija akan memulai perjalanan di lanjutan Liga 1 2022/23 ini dengan bersua Persik Kediri. Merunut jadwal, laga akan dihelat pada Selasa (6/12/2022) malam.

Baca Juga: Dua Sisi Mata Uang dalam Perayaan Ultah Persija ke-94

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya