Pemain Piala Menpora Terima Vaksin, Tapi Ada Catatannya

Semua tergantung Ketua Umum PSSI

Jakarta, IDN Times - Ada satu pertanyaan yang menggelitik jelang proses vaksinasi atlet yang akan berlangsung pada Jumat (26/2/2021) ini. Akankah para pemain, pelatih, dan ofisial, yang tampil di Piala Menpora 2021 ikut menerima vaksin?

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudin Amali, mengungkapkan, tim-tim yang mentas di Piala Menpora masuk dalam prioritas vaksin. Hal itu diutarakan dalam jumpa pers virtual yang digelar pada Rabu (24/2/2021).

"Untuk kompetisi dalam negeri misalnya, sebentar lagi kan ada kompetisi sepak bola (turnamen pramusim), kami sertakan mereka ke dalam daftar yang diprioritaskan (menerima vaksin)," ujar Zainudin Amali.

1. Kapan vaksinasi para pemain Piala Menpora digelar?

Pemain Piala Menpora Terima Vaksin, Tapi Ada CatatannyaPesepak bola Persib Bandung Ezechiel Ndouasel (kanan) melepas tendangan dibayangi oleh dua pemain PSM Makasar Rasyid Bakri (kiri) dan Hasim Kipuw (tengah) saat pertandingan Liga 1 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Mengenai apakah vaksinasi untuk para pesepak bola yang akan tampil di Piala Menpora 2021 ini akan berlangsung Jumat atau tidak, Zainudin Amali menyatakan semua bergantung pada kebijakan pimpinan PSSI. Kemenpora hanya bertugas mengumpulkan dan menginventarisir data atlet yang masuk prioritas vaksin.

"Kami serahkan ke cabang olahraga masing-masing (untuk atlet yang akan divaksin pada Jumat). Jadi, jumlah yang 820 itu kan terdiri dari berbagai cabor," ujar Zainudin Amali.

"Lalu, karena ada tahapan-tahapannya, mungkin PSSI bisa jadi akan mengirim pemain Timnas atau yang lain (untuk vaksinasi Jumat nanti). Kami serahkan sepenuhnya kepada pimpinan cabor," lanjutnya.

Baca Juga: Pelatih Persib Nilai Piala Menpora Digelar Terlalu Dini 

2. Vaksinasi tahap pertama untuk atlet digelar Jumat 26 Februari 2021

Pemain Piala Menpora Terima Vaksin, Tapi Ada CatatannyaIlustrasi vaksin. Dok. Antara Foto

Zainudin Amali mengungkapkan, vaksinasi untuk atlet nasional akan digelar secara serempak pada Jumat (26/2/2021) pagi. Total, ada sekitar 820 atlet yang akan divaksin, bertempat di Istora Senayan. Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, dijadwalkan hadir menyaksikan vaksinasi atlet.

Vaksinasi ini merupakan tahap pertama yang dilakukan kepada para atlet. Rencananya, nanti ada vaksinasi tahap kedua bagi para atlet yang belum menerimanya.

"Tahap pertama ini, memang masih kami batasi untuk atlet, pelatih, dan pendukung, yang akan melakukan kegiatan olahraga, baik dalam maupun persiapan di luar negeri, dan terdiri dari berbagai cabor yang sudah diinventarisir," ujar Zainudin Amali.

3. Siapa saja atlet yang menerima vaksin?

Pemain Piala Menpora Terima Vaksin, Tapi Ada CatatannyaPelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Lebih lanjut, Zainudin Amali mengungkapkan atlet penerima vaksin adalah mereka yang bakal mentas dalam single atau multi event dalam waktu dekat, baik di dalam maupun luar negeri. Vaksinasi juga direncanakan agar menjangkau atlet yang tampil di PON.

"Misalnya dalam negeri, sebentar lagi akan ada kompetisi sepak bola. Kami masukkan mereka ke dalam daftar prioritas vaksin, kemudian untuk atlet-atlet basket juga," ujar Zainudin Amali.

"Bagi mereka yang ke luar negeri, misalnya untuk tampil di multi event, kami akan menyiapkannya. Sekarang, sedang ada di pelatnas, untuk persiapan ke Olimpiade Tokyo, kemudian juga untuk SEA Games, dan single event lain. Rencananya, ini juga akan menjangkau sampai mereka yang akan ikut PON," lanjut pria 58 tahun tersebut.

Baca Juga: Vaksinasi Atlet Indonesia Digelar Jumat 26 Februari 2021

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya