Comscore Tracker

Pemain TC di Timnas Indonesia, Pelatih Persija dan Persebaya Protes

Pemanggilan pemain ke timnas kurangi kekuatan

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya jadi dua klub yang dipusingkan terkait pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia. Sebab, pemanggilan ini berbarengan dengan berlanjutnya kompetisi Liga 1 2022/23.

Sontak, pelatih dari kedua tim yaitu Thomas Doll (Persija) dan Aji Santoso (Persebaya) angkat bicara soal pemanggilan para pemainnya ke Timnas Indonesia. Menurut keduanya, pemanggilan ini merupakan hal yang tidak masuk akal.

1. Thomas Doll sebut situasinya aneh

Pemain TC di Timnas Indonesia, Pelatih Persija dan Persebaya ProtesThomas Doll langsung pimpin latihan perdana Persija yang digelar pada Senin (23/5/2022). (Dok. Persija)

Pelatih Persija, Thomas Doll, mengaku penanggilan pemain ke Timnas Indonesia sekarang memang agak aneh. Apalagi, Piala AFF 2022 sendiri tidak masuk agenda FIFA. Menurutnya, situasi ini tidak bagus bagi klub dan juga pemain.

"Semua tahu ini situasi yang aneh. Pemain nggak di sini. saya tak tahu, mungkin lebih dari dua bulan. Mereka punya latihan di Bali. Tentu setiap tim (klub) senang pemainnya dipanggil ke timnas, tetapi untuk ini bukan agenda FIFA ya," ujar Doll, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga: Sempat Ikut TC Timnas Indonesia, Sandy Walsh Balik ke Klub

2. Aji Santoso merajuk pada Shin Tae Yong

Pemain TC di Timnas Indonesia, Pelatih Persija dan Persebaya ProtesAji Santoso memperoleh penghargaan pelatih terbaik bulan Desember. (Instagram.com/officialpersebaya)

Lain hal dengan Thomas Doll, Aji Santoso selaku pelatih Persebaya justru merajuk kepada pelatih Timnas, Shin Tae Yong. Dia meminta agar para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, dikembalikan ke klub lebih dulu.

"Nah, ini sebenarnya ada jalan keluar, yaitu memberi kesempatan main untuk pulang H-1 atau H-2. Kecuali turnamennya timnas sudah dekat satu minggu, tapi kalau jaraknya masih 1-2 bulan, itu lebih bijaksana untuk bisa bergabung ke klub," ujar Aji.

3. Berapa pemain Persija dan Persebaya yang dipanggil

Pemain TC di Timnas Indonesia, Pelatih Persija dan Persebaya ProtesBek Timnas Indonesia, Rizky Ridho, saat berduel melawan Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF / Dokumentasi PSSI

Untuk Persija, ada tiga pemain mereka yang saat ini dipanggil ikut TC Timnas Indonesia. Mereka adalah Syahrian Abimanyu, Hansamu Yama, dan Muhammad Ferarri. Sedangkan Persebaya, ada Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan.

Dengan dipanggilnya para pemain tersebut, otomatis kekuatan Persija dan Persebaya berkurang. Apalagi, jika kelimanya masuk skuad resmi Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, mereka akan kehilangan para pemain itu lebih lama lagi.

Baca Juga: Sandy Walsh Bisa Main di Piala AFF 2022, Jordi Amat Menunggu

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya