Comscore Tracker

Pemain Timnas U-19 Sempat Merasa Aneh, Bingung Gagal ke Semifinal

Para pemain Timnas U-19 menangis usai tahu gagal lolos

Jakarta, IDN Times - Kesedihan terpancar jelas dalam wajah para penggawa Timnas Indonesia U-19 pada Minggu (10/7/2022) malam. Kendati meraih kemenangan besar atas Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, ada sesuatu yang menyesakkan bagi mereka.

Kemenangan ini nyatanya urung membawa Timnas U-19 melangkah ke semifinal. Sebab, di laga lain, Vietnam dan Thailand bermain imbang 1-1. Garuda Nusantara pun kalah produktivitas gol, sehingga gagal ke empat besar.

Alhasil, selepas laga lawan Myanmar, banyak para pemain Timnas U-19 yang menangis karena pil pahit ini. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menganggap pemandangan itu jadi hal yang wajar.

"Saya rasa hal yang wajar. Saya, selaku Ketum PSSI, mewakili anak-anak Timnas, luar biasa mereka main, membanggakan sekali. Wajar mereka menangis, mungkin kecewa tidak lolos ke semifinal," ujar Iriawan di Menara Mandiri, Senin (11/7/2022).

1. Para pemain tidak mengerti aturan yang ada

Pemain Timnas U-19 Sempat Merasa Aneh, Bingung Gagal ke SemifinalRabbani Tasnim lakukan selebrasi. (Foto: instagram/pssi)

Iriawan mengungkapkan, para pemain awalnya merasa aneh. Mereka menang besar, tetapi tidak lolos ke semifinal. Sontak, mereka merasa sedih. PSSI pun membantu membangkitkan mental para pemain ini.

"Yang jelas mereka mungkin berpikir kenapa menang dengan selisih gol besar, kok tidak lolos. Mereka kan tidak mengerti semua tentang aturan yang ada, dan sekarang sudah paham," ujar Iriawan.

Baca Juga: Gagal di Piala AFF, Timnas U-19 Bakal Berguru di Eropa 50 Hari

2. Timnas U-19 segera bersiap untuk Kualifikasi Piala Asia U-20

Pemain Timnas U-19 Sempat Merasa Aneh, Bingung Gagal ke SemifinalPotret Timnas U-19 di Piala AFF 2022 (IDN Times/Tata Firza)

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, tidak mau larut dalam kesedihan selepas pasukannya gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Malah, dia berencana mengadakan pemusatan latihan (TC) ke Eropa untuk skuad Timnas U-19.

Tidak tanggung-tanggung, Shin merencanakan akan menggelar TC di Eropa selama 50 hari. Ada dua negara yang dikabarkan jadi tempat tujuan TC dari Ronaldo Kwateh dan kolega ini pada awal September 2022 mendatang.

"Dengan dukungan penuh dari Ketum PSSI, kami akan berangkat ke Eropa. Kemungkinan, ke dua negara di awal September 2022. Kami bakal menggelar TC selama 50 hari di Eropa nanti," ujar Shin.

3. Timnas U-19 akan balas Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20

Pemain Timnas U-19 Sempat Merasa Aneh, Bingung Gagal ke SemifinalTimnas U-19 di laga lawan Thailand. (pssi.org)

Salah satu penggawa Timnas U-19, Kadek Arel, mengaku Shin menyemangati para pemain, selepas Timnas U-19 dinyatakan gagal ke semifinal Piala AFF. Dia pun mengajak para pemain untuk membalas kesedihan ini di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Coach Shin ajak kami untuk tegakkan kepala karena masih ada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tidak apa-apa kalah di sini, ini jadi pengalaman buat kami, nanti Timnas U-19 akan membalas Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20," ujar Kadek.

Baca Juga: Timnas U-19 Tersingkir di Piala AFF, Shin Tae Yong Kritisi Aturan Ini

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya