Pemerintah Izinkan Uji Coba Liga 1 2021/22 dengan Penonton

Liga 1 2021/22 sudah berjalan 10 pekan

Jakarta, IDN Times - Kabar baik bagi suporter datang pada Selasa (2/11/2021). Pemerintah memberikan lampu hijau bagi PSSI selaku federasi dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar uji coba pertandingan di kompetisi Liga 1 dengan suporter.

Hal itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021, butir delapan. Di situ, disebutkan uji coba pertandingan Liga 1 dengan penonton akan segera digelar.

"Akan dilakukan uji coba pertandingan Liga 1 dengan menerima penonton langsung di stadion," tulis Inmendagri tersebut.

1. Ada ketentuan yang harus dipenuhi

Pemerintah Izinkan Uji Coba Liga 1 2021/22 dengan PenontonInstagram/@infokomjakmania

Inmendagri juga menjabarkan, uji coba kehadiran penonton ini harus memenuhi beberapa ketentuan. Uji coba akan digelar dalam satu pertandingan setiap pekannya, dengan jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion, atau maksimal 5.000 orang.

"Uji coba dilakukan pada satu pertandingan setiap minggunya. Jumlah penonton maksimal 25 persen dari kapasitas stadion atau paling banyak 5.000 orang. Hanya penonton dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk ke stadion. Pertandingan yang dilakukan uji coba dengan penonton ditentukan oleh PSSI dan PT LIB," tulis Inmendagri tersebut.

Baca Juga: Wasit Liga 1 dan Liga 2 Dievaluasi

2. Pertandingan Liga 1 diadakan sembilan kali per pekan

Pemerintah Izinkan Uji Coba Liga 1 2021/22 dengan PenontonPersija Jakarta di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Inmendagri itu juga menuliskan, dalam satu pekan, LIB hanya diperkenankan menggelar sembilan pertandingan Liga 1 dan delapan pertandingan Liga 2. Ketentuannya, pertandingan digelar di Kabupaten/Kota yang kriteria PPKM-nya ada di level 3, level 2, dan level 1.

"Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf mendukung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan. Mereka juga wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif antigen pada hari pertandingan," tulis Inmendagri.

3. Liga 1 2021/22 sudah berjalan 10 pekan

Pemerintah Izinkan Uji Coba Liga 1 2021/22 dengan PenontonLaga Bhayangkara FC vs Persib di Liga 1. (ligaindonesiabaru.com)

Sejauh ini, gelaran Liga 1 2021/22 sudah berjalan selama 10 pekan di dua klaster berbeda. Seri satu yang berlangsung pada pekan pertama hingga pekan keenam dihelat di Jabodetabek dan Bandung Raya.

Untuk seri kedua yang masih berjalan saat ini, gelaran Liga 1 2021/22 dihelat di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ada beberapa tempat yang jadi venue, yakni Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Manahan (Solo), Stadion Moch. Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul).

Baca Juga: Menpora Akan Temui PSSI, Bahas Penonton di Liga 1 dan Liga 2

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya