Pengajuan Izin Liga 1 dan 2 Sama dengan Piala Menpora

Akan ada tahapan-tahapan yang dilalui, termasuk rakor

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan tahapan dalam pengajuan izin Liga 1 dan 2 tidak akan berbeda jauh dengan Piala Menpora 2021. Tetap saja, ada beberapa rapat koordinasi yang harus dilalui sebelum izin nantinya dikeluarkan.

Nantinya, rapat koordinasi ini akan diikuti beberapa pihak. Mereka adalah PSSI selaku federasi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, Polri , Satgas COVID-19, serta pihak-pihak terkait lainnya.

"Tentu proses yang dilakukan pada saat melakukan izin untuk Liga 1 dan 2, sama persis dengan saat kami mengajukan izin pramusim. Jadi, kami akan ada rapat koordinasi (rakor)," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Rabu (14/4/2021).

1. Polri akan minta rekomendasi Kemenpora

Pengajuan Izin Liga 1 dan 2 Sama dengan Piala MenporaMenpora Zainudin Amali temui Kapolri Jendral Listyo Sigit bahas Liga I di Mabes Polri, Senin (8/2/2021) (Dok. Humas Polri)

Kendati operator kompetisi jadi pihak yang akan melakukan prosesnya, Polri tetap akan jadi pihak yang meminta rekomendasi dari Kemenpora mengenai izin kompetisi. Atas dasar inilah, rapat koordinasi untuk pengajuan izin juga harus tetap terlaksana.

"Pengelola kompetisi tentu harus memproses izin. Namun, pasti Polri minta rekomendasi dari kami. Jika minta rekomendasi, akan ada rapat koordinasi dulu. Sebab ini berbeda, turnamen pramusim dan kompetisi musim 2021/22. Tentu, kami harus gelar rapat koordinasi dan libatkan berbagai pihak," ujar Zainudin.

Baca Juga: Dampak Positif Piala Menpora Digelar Larut Malam saat Ramadan

2. Presiden minta Liga 1 dan 2 dipersiapkan dengan baik

Pengajuan Izin Liga 1 dan 2 Sama dengan Piala MenporaPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pernyataan pers di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (31/10/2020). ANTARA FOTO/Biro Pers/Rusman/Handout

Lebih lanjut, Zainudin juga mengungkapkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar gelaran Liga 1 dan 2 dipersiapkan dengan baik. Hal itu beliau sampaikan saat Zainudin mendampingi Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengunjungi Istana Presiden, Rabu (14/4/2021).

"Beliau memberi arahan kepada saya agar Liga 1 dan 2 disiapkan dengan baik juga, bapak Presiden menonton pertandingan-pertandingan itu (pramusim). Sebab, pada saat melaporkan, beliau langsung sampaikan saya lihat di TV bagaimana pertandingannya," ujar Zainudin.

3. PT LIB sampaikan proposal permohanan izin Liga 1 dan 2 pertengahan April

Pengajuan Izin Liga 1 dan 2 Sama dengan Piala Menpora(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan proposal permohonan izin untuk Liga 1 dan Liga 2 2021 akan diajukan ke Polri pada pertengahan April 2021.

Lebih lanjut, Akhmad menjabarkan isi proposal itu adalah rincian pelaksanaan protokol kesehatan. Selain itu, terdapat juga dokumen-dokumen terkait detail kompetisi, seperti lokasi klub, stadion, dan lain sebagainya.

"Kami berencana memasukkan proposal (izin Liga 1 dan 2) pekan depan ke Mabes Polri," ujar Akhmad.

Baca Juga: Asa Baru, Presiden Minta Hadirnya Suporter di Liga 1 dan 2 Dikaji

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya