Comscore Tracker

[BREAKING] Kalahkan Belgia 2-1, Italia Lolos ke Semifinal Piala Eropa 

Italia tak terkalahkan dalam 31 pertandingan beruntun

Jakarta, IDN Times - Italia sukses menembus semifinal Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Belgia dengan skor 2-1 di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari.

Dua gol Italia dicetak Nicolo Barella (31') dan Lorenzo Insigne (44'). Sementara gol tunggal Belgia dicetak Romelu Lukaku (45+2') dari titik putih. 

Italia dan Belgia menurunkan para pemain kunci mereka sejak awal laga. Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Federico Chiesa, Ciro Immobile, Kevin De Bruyne, Thorgan Hazard, dan Romelu Lukaku masuk starting XI kedua tim.

Sejak awal babak pertama, Italia langsung menekan lini pertahanan Belgia. Mereka menerapkan pressing yang ketat, bahkan saat Belgia menguasai bola di daerah pertahanan sendiri.

Pada menit 13, Italia sebenarnya sempat mencetak gol lewat Leonardo Bonucci. Sayang, gol ini harus dianulir wasit setelah dia menilai Bonucci berada pada posisi offside.

Italia tidak menyerah. Mereka tetap menekan Belgia dengan intens, dan tidak memberikan ruang bagi Belgia untuk mengembangkan permainan. Alhasil, Belgia hanya mampu beberapa kali serangan balik.

Terus menekan, Italia akhirny unggul pada menit 31. Memanfaatkan umpan Marco Verratti, Nicolo Barella sukses membobol gawang Belgia, mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Italia.

Unggul satu angka, Italia tetap menekan lini pertahanan Belgia. Bedanya dengan di awal, kali ini Italia juga harus menghadapi tekanan dari Belgia yang mulai meningkat. Beruntung, Italia mampu menghadapi serangan dari Belgia dengan tenang.

Tidak cuma itu, Italia malah menambah keunggulan. Pada menit 44, Lorenzo Insigne mencetak gol kedua untuk Italia, mengubah skor menjadi 2-0. Tertinggal dua angka, Belgia tidak menyerah.

Jelang babak pertama tuntas, Belgia mencetak gol lewat titik penalti, setelah Jeremy Doku dilanggar di kotak penalti. Romelu Lukaku yang menjadi eksekutor menjalankan tugas dengan baik, dan menutup babak pertama dengan skor 2-1, masih untuk keunggulan Italia.

Memasuki babak kedua, Belgia dan Italia silih melemparkan tekanan. Namun, agresivitas tetap jadi milik Italia. Mereka masih menerapkan pressing ketat kepada para pemain Belgia, sama seperti di babak pertama.

Namun, Belgia tidak tinggal diam. Serangan balik mereka lebih tajam lagi dibandingkan babak kedua. Permainan direct yang mereka peragakan mulai merepotkan lini pertahanan Italia.

Untuk menambah daya serang, Belgia memasukkan beberapa pemain baru seperti Dries Mertens, Nacer Chadli, serta Dennis Praet. Italia merespons dengan memasukkan Bryan Cristante, Andrea Belotti, Domenico Berardi, dan Emerson.

Pergantian pemain yang dilakukan ini membuat intensitas permainan terjaga. Khusus untuk Belgia, serangan mereka bertambah tajam setelah hadirnya Mertens dan Praet.

Namun, Italia mulai menerapkan permainan yang lebih defensif di masa-masa akhir babak kedua. Hal itu membuat Belgia kesulitan dalam mencetak angka, karena lini pertahanan Italia jadi lebih padat.

Akibat kebuntuan yang dialami Belgia ini, plus Italia yang juga gagal menambah angka, skor 2-1 bertahan sampai babak kedua tuntas. Italia melaju ke semifinal Piala Eropa 2020.

Baca Juga: [BREAKING] Babak Pertama: Italia Unggul 2-1 Atas Belgia 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya