Comscore Tracker

[BREAKING] Tekuk Swiss Lewat Adu Penalti, Spanyol ke Semifinal 

Spanyol melawan 10 pemain Swiss dalam 25 menit terakhir

Jakarta, IDN Times - Spanyol sukses melaju ke babak semifinal Piala Eropa 2020 setelah menekuk Swiss dalam drama adu penalti yang berakhir dengan skor 3-1 di St. Petersburg Stadium, Sabtu (3/7/2021) dini hari.

Spanyol dan Swiss sempat bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu. Gol-gol di laga ini dicetak oleh gol bunuh diri Denis Zakaria (8') untuk Spanyol serta Xherdan Shaqiri (68') untuk Swiss.

Kedua tim menurunkan pemain terbaik mereka sejak awal laga. Swiss menurunkan Nico Elvedi, Manuel Akanji, Xherdan Shaqiri, serta Haris Seferovic. Sedangkan Spanyol, mereka menurunkan Pablo Sarabia, Alvaro Morata, Ferran Torres, dan Jordi Alba.

Di awal-awal babak pertama, Spanyol langsung menekan lini pertahanan Swiss. Hasilnya apik. Pada menit 8, mereka langsung menancapkan keunggulan. Sepakan Jordi Alba salah dihalau oleh Denis Zakaria, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Unggul satu angka, Spanyol tidak mengendurkan tekanan ke lini pertahanan Swiss. Lewat dua winger mereka, Ferran Torres dan Pablo Sarabia, mereka terus menggempur lini pertahanan Swiss yang dikomandoi Akanji.

Sementara itu, Swiss sedikit kesulitan keluar dari tekanan Spanyol. Situasi mulai memburuk bagi mereka pada menit 20, tatkala Breel Embolo ditarik keluar karena cedera. Swiss pun memasukkan Ruben Vargas untuk menggantikan Embolo.

Di sisa waktu babak pertama, Swiss mulai meningkatkan intensitas tekanan ke lini pertahanan Spanyol. Beberapa serangan balik mereka lepaskan, mengandalkan manuver dari Steven Zuber dan Shaqiri.

Namun, sampai babak pertama tuntas, Swiss gagal mencetak angka. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol tidak berubah.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Spanyol untuk tetap menjaga intensitas ke lini pertahanan Swiss. Mereka memasukkan Gerard Moreno dan Daniel Olmo untuk memperkuat lini serang.

Di awal-awal babak kedua ini, tekanan masih dilepaskan oleh para pemain Swiss. Tampak mereka begitu menggebu untuk mencari gol penyama kedudukan, meski pada akhirnya serangan-serangan yang mereka lepaskan ini mentah.

Namun, pada akhirnya Swiss mampu membobol gawang Spanyol. Pada menit 68, bermula dari pergerakan Remo Freuler, Shaqiri berhasil membobol gawang Spanyol. Skor berubah 1-1. Harapan sempat terbuka untuk Swiss.

Sial bagi Swiss, saat situasi tengah baik untuk mereka, petaka tiba-tiba datang. Salah satu pemain Swiss, Freuler harus keluar dari lapangan. Ia terkena kartu merah setelah dinilai melanggar dengan keras salah satu pemain Spanyol. Bermain dengan 10 pemain, Swiss melakukan penyesuaian.

Di sisa waktu 10 menit terakhir babak kedua, Swiss memasukkan Djibril Sow dan Mario Gavranovic. Masuknya dua pemain ini menjaga keseimbangan permainan tim. Namun, kebuntuan yang dialami Swiss dan Spanyol membuat laga berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama perpanjangan waktu, giliran Spanyol yang mendominasi permainan. Mereka coba memanfaatkan keunggulan pemain atas Swiss di babak ini. Namun, Spanyol masih kesulitan membobol pertahanan Swiss di babak ini, sehingga skor 1-1 tetap tidak berubah.

Spanyol masih mendominasi laga di babak kedua perpanjangan waktu. Kali ini, tekanan mereka lebih terasa dan mulai bervariasi, mengandalkan dua sisi sayap. Namun, tetap saja Spanyol belum mampu menjebol gawang Swiss. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, Spanyol akhirnya mampu menundukkan Swiss dengan skor 3-1. Tiga penendang Swiss, yakni Fabian Schaer, Akanji, dan Vargas gagal menunaikan tugas. Spanyol memastikan satu tempat di babak semifinal Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Swiss Tanpa Beban, Kekuatan Spanyol Merata 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya