[BREAKING] Babak Pertama: Italia Unggul 2-1 Atas Belgia 

Belgia dapat hadiah penalti

Jakarta, IDN Times - Timnas Italia untuk sementara unggul 2-1 atas Belgia dalam babak pertama pertandingan perempat final Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari.

Dua gol Italia dicetak Nicolo Barella (31') dan Lorenzo Insigne (44'). Sementara satu gol Belgia dicetak Romelu Lukaku melalui tendangan penalti pada perpanjangan waktu (45+2').

Italia dan Belgia menurunkan para pemain kunci mereka sejak awal laga. Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, Federico Chiesa, Ciro Immobile, Kevin De Bruyne, Thorgan Hazard, dan Romelu Lukaku masuk starting XI kedua tim.

Sejak awal babak pertama, Italia langsung menekan lini pertahanan Belgia. Mereka menerapkan pressing yang ketat, bahkan saat Belgia menguasai bola di daerah pertahanan sendiri.

Pada menit 13, Italia sebenarnya sempat mencetak gol lewat Leonardo Bonucci. Sayang, gol ini harus dianulir wasit setelah dia menilai Bonucci berada pada posisi offside.

Italia tidak menyerah. Mereka tetap menekan Belgia dengan intens, dan tidak memberikan ruang bagi Belgia untuk mengembangkan permainan. Alhasil, Belgia hanya mampu beberapa kali serangan balik.

Terus menekan, Italia akhirny unggul pada menit 31. Memanfaatkan umpan Marco Verratti, Nicolo Barella sukses membobol gawang Belgia, mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Italia.

Unggul satu angka, Italia tetap menekan lini pertahanan Belgia. Bedanya dengan di awal, kali ini Italia juga harus menghadapi tekanan dari Belgia yang mulai meningkat. Beruntung, Italia mampu menghadapi serangan dari Belgia dengan tenang.

Tidak cuma itu, Italia malah menambah keunggulan. Pada menit 44, Lorenzo Insigne mencetak gol kedua untuk Italia, mengubah skor menjadi 2-0. Tertinggal dua angka, Belgia tidak menyerah.

Jelang babak pertama tuntas, Belgia mencetak gol lewat titik penalti, setelah Jeremy Doku dilanggar di kotak penalti. Romelu Lukaku yang menjadi eksekutor menjalankan tugas dengan baik, dan menutup babak pertama dengan skor 2-1, masih untuk keunggulan Italia.

Baca Juga: [BREAKING] Tekuk Swiss Lewat Adu Penalti, Spanyol ke Semifinal 

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya