Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia Terdampar

Inggris tiga besar, Indonesia terpuruk ke peringkat 175

Jakarta, IDN Times - Otoritas tertinggi sepak bola dunia, FIFA, resmi merilis peringkat tim nasional (Timnas) terbaru per Kamis (16/9/2021). Terjadi beberapa perubahan di peringkat kali ini.

Kejutan pun berhasil dihadirkan Timnas Inggris. Untuk pertama kalinya sejak 1992, Inggris berhasil menembus posisi tiga besar FIFA.

Tim 'Tiga Singa' sukses mengoleksi 1755,44 poin, membuat mereka bertengger di posisi ketiga. Inggris kini berada di bawah Belgia dan Brasil.

Sedangkan, Italia sang juara Piala Eropa 2020 harus puas di posisi kelima dengan torehan poin 1735,73, di bawah Prancis. Argentina sebagai juara Copa America 2021 berada di posisi keenam dengan torehan poin 1725,31.

1. Inggris memang tampil konsisten sejak 2018

Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia TerdamparInggris vs Jerman. (twitter.com/EURO2020)

Setelah berhasil menembus semifinal Piala Dunia 2018. Inggris memang mampu tampil konsisten di beberapa laga dan turnamen internasional.

Mereka sempat menembus babak semifinal UEFA Nations League, pun tampil apik di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada perhelatan Piala Eropa 2020, Inggris juga berhasil menembus babak final.

Berkat rentetan capaian positif ini, tak heran posisi Inggris di peringkat FIFA melonjak. Capaian itu pun akhirnya membawa mereka menembus tiga besar.

Baca Juga: AFC Dukung FIFA Gelar Piala Dunia Dua Tahun Sekali

2. Kejutan dihadirkan oleh Denmark

Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia TerdamparKasper Schmeichel dan Joakim Maehle dari Denmark terlihat murung setelah pertandingan semi final Euro 2020 usai dengan Inggris melawan Denmark di Wembley Stadium, London, Inggris, Rabu (7/7/2021). ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths.

Sementara itu, kejutan sukses dihadirkan Denmark. Mereka menerobos masuk peringkat 10 besar FIFA dan bertengger di posisi ke-10.

Mereka mengumpulkan 1658,49 poin. Timnas Denmark berhasil mengungguli Belanda, Uruguay dan Amerika Serikat yang berada di bawahnya.

Melesatnya Denmark ini tak lepas dari penampilan apik mereka di Piala Eropa 2020. Denmark sukses menembus babak semifinal di ajang tersebut, meski berstatus tim kuda hitam. Kini, Denmark sedang berjuang mengamankan satu tempat di Piala Dunia 2022.

3. Lalu, Indonesia di peringkat berapa?

Peringkat FIFA Terbaru: Inggris Naik, Indonesia TerdamparTimnas Indonesia vs Vietnam. (pssi.org)

Di sisi lain, penurunan dialami Timnas Indonesia di peringkat FIFA kali ini. Mereka berada di posisi 175, dengan raihan poin 957,05 poin.

Indonesia sama sekali tidak mencatatkan penambahan poin dalam penghitungan kali ini. Posisi Indonesia kalah dari negara-negara elite Asia Tenggara lain.

Vietnam menjadi negara Asia Tenggara tertinggi di peringkat FIFA (peringkat 95). Selanjutnya disusul Thailand (peringkat 122), Filipina (peringkat 125), Myanmar (peringkat 146), Malaysia (peringkat 154), dan Singapura (peringkat 160).

Untuk memperbaiki posisi di peringkat FIFA, Indonesia wajib tampil apik di laga kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Sedangkan bagi Inggris, mereka berpeluang untuk naik lagi jika terus tampil apik di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Loh, FIFA Mau Ubah Aturan Sepak Bola Secara Radikal

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya