Perjalanan Italia Merebut Gelar Piala Eropa 2020

Italia sudah meyakinkan sejak 2019

Jakarta, IDN Times - Sebelum Piala Eropa 2020, Italia sempat dilanda kemuraman. Mereka gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018, lantaran dikalahkan Swedia di babak play-off. Kala itu, banyak yang menyangka Italia berada di titik nadir.

Namun, semua berubah dengan kedatangan Roberto Mancini selaku pelatih baru. Dengan metode kepelatihan segar yang dia bawa, dia merombak Italia dan membawa "Azzurri" kembali ke kodrat mereka sebagai tim kuat di Eropa dan dunia.

Bersama Mancini juga, Italia sukses melaju ke putaran final Piala Eropa 2020, bahkan berhasil menjuarai ajang tersebut. Seperti apa perjalanan Italia menuju tangga juara Piala Eropa 2020 ini?

1. Italia sudah meyakinkan sejak babak kualifikasi

Perjalanan Italia Merebut Gelar Piala Eropa 2020Inggris vs Italia. (twitter.com/EURO2020)

Sejak babak Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang dihelat pada Maret 2019 silam, penampilan Italia memang sudah menjanjikan. Bayangkan saja, di babak tersebut, Italia sukses menyapu 10 laga dengan kemenangan, membukukan 30 poin tanpa sekalipun imbang.

Menghadapi Finlandia, Yunani, Bosnia dan Herzegovina, Liechtenstein, dan Armenia, Italia mampu tampil dominan. Bahkan, mereka sempat menggilas Armenia dengan skor 9-1, plus mengalahkan Liechtenstein dengan skor 5-0. Yunani, Finlandia, dan Bosnia pun tak mampu beri perlawanan berarti.

Dengan hasil meyakinkan ini, Italia melangkah ke putaran final. Di fase grup Piala Eropa 2020, rintangan hadir untuk Italia dalam bentuk tim-tim seperti Turki, Wales, dan Swiss.

Baca Juga: 3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Italia Juara Piala Eropa 2020

2. Di babak grup, Italia tidak terkalahkan

Perjalanan Italia Merebut Gelar Piala Eropa 2020Italia vs Swiss. (twitter.com/EURO2020)

Di fase grup putaran final Piala Eropa 2020, Italia tergabung dengan Wales, Swiss, dan Turki di Grup A. Apiknya, semua lawan dibabat habis oleh Giorgio Chiellini dan kolega. Di laga perdana, mereka menumbangkan Turki dengan skor telak 3-0.

Berlanjut di laga kedua dan ketiga, giliran Swiss dan Wales yang kena sikat. Italia menumbangkan Swiss di laga kedua dengan skor 3-0, plus mengalahkan Wales di laga pamungkas fase grup dengan skor tipis 1-0. Italia pun memastikan satu tempat di babak 16 besar.

3. Fase gugur yang berat buat Italia

Perjalanan Italia Merebut Gelar Piala Eropa 2020Italia vs Austria. (twitter.com/EURO2020)

Di fase gugur, Italia sudah ditunggu lawan-lawan berat. Austria sempat membuat mereka ketar-ketir di babak 16 besar. Namun, berkat kejelian taktik dan skema pergantian dari Mancini, mereka sukses mengalahkan Austria dengan skor 2-1.

Berlanjut ke babak delapan besar, ada Belgia yang sudah menanti. Tanpa ampun, Italia membekuk generasi emas Belgia dengan skor 2-1 lewat gol-gol dari Lorenzo Insigne dan Nicolo Barella. Rintangan berat lain juga sudah menanti Italia di semifinal.

Di babak itu, mereka kudu berhadapan dengan Spanyol. Menjalani laga sampai babak adu penalti, Italia akhirnya sukses mengalahkan Spanyol dengan skor 4-2 di babak adu penalti. Hal yang sama terjadi di final, ketika mereka berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 3-2 di babak adu penalti.

Sekarang, Italia sudah menahbiskan diri sebagai juara Piala Eropa 2020. Skuad apik yang sudah dibangun Mancini sejak 2019 silam, berhasil membawa Italia keluar dari masa gelap usai gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 2018.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya