Persebaya Kehilangan Banyak Pemain Kunci Musim Depan

Ada apa dengan Persebaya?

Jakarta, IDN Times - Situasi kurang mengenakkan dialami Persebaya Surabaya jelang Liga 1 musim depan. Tidak tanggung-tanggung, mereka kehilangan empat pemain kunci yang membawa tim tampil apik musim lalu.

Bruno Moreira, Taisei Marukawa, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya dipastikan tidak akan lagi membela Persebaya musim depan. Hilangnya empat nama ini tentu harus jadi perhatian tersendiri bagi manajemen.

1. Marukawa dan Moreira, kunci di lini serang

Persebaya Kehilangan Banyak Pemain Kunci Musim DepanBhayangkara vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Marukawa dan Moreira jadi sosok sentral di lini serang Persebaya. Marukawa adalah pemain dengan torehan gol dan assist tertinggi di tim, yakni 17 gol dan 10 assist. Dia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga 1 2021/22.

Sedangkan Moreira, dia jadi pemain dengan catatan dribel paling banyak di Persebaya, yakni sebanyak 46 kali. Tusukan-tusukan yang dia lakukan kerap merepotkan lawan. Ketiadaan dua pemain ini tentu akan mengurangi kekuatan 'Bajul Ijo' musim depan.

Baca Juga: Rachmat Irianto Hengkang dari Persebaya Gara-gara Diteror

2. Rian dan Kambuaya, penjaga lini tengah Persebaya

Persebaya Kehilangan Banyak Pemain Kunci Musim DepanRicky Kambuaya (instagram.com/richardo_r17)

Sedangkan bagi Rian, sapaan akrab Rachmat, dan Kambuaya, kepergian mereka akan menyisakan lubang di posisi lini tengah. Tidak bisa dimungkiri, mereka adalah dinamo permainan Persebaya.

Kambuaya memiliki daya jelajah yang apik sebagai pemain tengah. Dia kerap membantu pertahanan dan penyerangan dengan intensitas yang sama baiknya. Tak jarang, dia juga mencetak gol-gol penting bagi Persebaya ketika merangsek membantu serangan.

Sementara itu, Rian jadi pemain yang acap memotong serangan lawan dari tengah. Sama seperti Kambuaya, daya jelajahnya juga terhitung baik dan kerap memberi lini pertahanan Persebaya rasa aman. Rian juga kerap jadi distributor bola.

Alhasil, kepergian dua pemain ini akan jadi pekerjaan rumah bagi tim. Plus tidak adanya Marukawa dan Moreira, Persebaya juga butuh amunisi baru di lini serang.

3. Hengkang dengan alasan serupa

Persebaya Kehilangan Banyak Pemain Kunci Musim DepanPersebaya Surabaya di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru,com)

Uniknya, alasan dari hengkangnya para pemain Persebaya ini hampir serupa. Moreira, Marukawa, dan Kambuaya hijrah lantaran tidak menemui kata sepakat soal kontrak baru. Disinyalir, ada ketidakcocokan soal gaji.

Hanya Rian yang memiliki alasan hengkang berbeda. Dia memilih hijrah dari Persebaya lantaran alasan keluarga. Intinya, kepergian para pemain kunci ini jadi evaluasi bagi manajemen, bahwa mereka harus punya bargaining power untuk mempertahankan pemain kunci.

Baca Juga: Ricky Kambuaya: Kakak Boaz Itu Inspirasi, Panutan Saya

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya