Persib dan Arema Jaga Api Persaingan Papan Atas Liga 1

Persib dan Arema sama-sama menang

Jakarta, IDN Times - Arema FC dan Persib Bandung sama-sama meraih kemenangan dalam laga pekan 29 Liga 1 2021/22. Maung Bandung menang 3-1 atas Persiraja Banda Aceh, sedangkan Singo Edan menang 2-1 atas Barito Putera.

Hasil yang didapat kedua tim ini belum mengubah posisi di klasemen sementara Liga 1 2021/22. Bali United masih jadi pemuncak, diikuti oleh Persib di posisi kedua dan Arema di posisi ketiga.

1. Arema sukses bekap Barito Putera

Persib dan Arema Jaga Api Persaingan Papan Atas Liga 1Arema vs Persija. (ligaindonesiabaru.com)

Sejak awal babak pertama, Arema langsung menekan lini pertahanan Barito Putera. Alhasil, mereka sukses menancapkan keunggulan pada menit 18 lewat gol Muhammad Rafli. Unggul satu angka, Arema coba main lebih santai.

Kendati santai, nyatanya Arema menerapkan pertahanan ketat yang menyulitkan Barito Putera. Pertahanan ketat ini berpadu dengan serangan balik tajam, yang pada akhirnya membawa Arema pada gol kedua yang dicetak Carlos Fortes pada menit 36.

Di sisa waktu babak pertama, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 2-0 untuk Arema bertahan sampai babak pertama tuntas. Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan oleh Arema dan Barito Putera.

Arema memasukkan Hanif Sjahbandi dan Achmad Figo, sedangkan Barito Putera memasukkan Rizky Pora, Luthfi Kamal, dan Rafi Syaharil. Perubahan-perubahan ini membuat intensitas laga terjaga. Namun, kebuntuan masih mendera Barito Putera.

Di sisa waktu babak kedua, Barito Putera masih terus berusaha mencari gol. Upaya mereka berhasil pada menit 90. Sontekan Rafael Silva membuat kedudukan berubah menjadi 1-2. Sayang, sampai babak kedua tuntas, tak ada lagi gol tercipta.

Arema pun sukses memenangi laga dengan skor 2-1. Kemenangan ini menjaga peluang Arema untuk menjadi juara.

Baca Juga: Arema FC Butuh Menang, Incar Barito Putera

2. Hujan ganggu laga Persib lawan Persiraja

Persib dan Arema Jaga Api Persaingan Papan Atas Liga 1Penyerang Persib di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Sadar bahwa kemenangan adalah hal wajib, Persib langsung menekan lini pertahanan Persiraja sejak awal laga. Mereka pun langsung mencetak gol di menit-menit awal lewat Frets Butuan. Tertinggal satu angka, Persiraja tidak menyerah.

Persiraja mencoba memberik tekanan balik pada Persib. Upaya mereka berhasil. Persiraja sempat menyamakan angka lewat sundulan Bruno Dybal. Skor berubah 1-1, dan Persib langsung tersengat karena sadar mereka menurunkan tekanan.

Pada menit 20, berawal dari sebuah umpan apik dari Marc Klok, Erwin Ramdani sukses membobol gawang Persiraja. Skor berubah 2-1. Di sisa waktu babak pertama, tak ada gol tambahan yang terjadi. Skor tetap 2-1 untuk kedua tim.

Memasuki babak kedua, Persib langsung menggebrak lagi. Kembali lewat umpan dan pergerakan apik Klok, David da Silva sukses membobol gawang Persiraja pada menit 49. Skor berubah 3-1. Tertinggal dua angka, Persiraja masih tidak menyerah.

Persiraja memasukkan beberapa nama baru, seperti Rizky Yusuf dan Vivi Asrizal. Sedangkan Persib, mereka memasukkan Febri Hariyadi, Bruno Cantanhede dan Zalnando. Beberapa pergantian ini tidak memberikan pengaruh berarti.

Pada menit 85, laga sempat tersendat karena hujan besar yang mengguyur lapangan. Alhasil, laga langsung dihentikan wasit. Setelah berdiskusi dengan ofisial pertandingan, wasit memutuskan laga dituntaskan akibat kondisi lapangan yang tergenang air, dan memutuskan Persib sebagai pemenang.

3. Posisi Persib dan Arema tidak berubah

Persib dan Arema Jaga Api Persaingan Papan Atas Liga 1Logo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Kendati sama-sama meraih kemenangan, posisi Persib dan Arema di klasemen sementara Liga 1 2021/22 tidak berubah. Persib berada di posisi kedua dengan 60 poin, sedangkan Arema bertengger di posisi ketiga dengan torehan 58 poin.

Sementara itu, kekalahan dari Persib dan Arema ini membuat posisi Persiraja dan Barito Putera makin sulit. Di sisa laga yang ada, mereka harus meraih kemenangan untuk mengamankan diri dari zona degradasi Liga 1.

Baca Juga: Jalan Terjal Persib di Sisa Liga 1 2021/22

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya