Persib dan Bhayangkara FC Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Meski kalah, Bhayangkara berhak menemani Persib

Jakarta, IDN Times - Persib Bandung meraih kemenangan dalam laga pamungkas fase grup Piala Presiden 2022. Bertemu Bhayangkara FC di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (21/6/2022) malam, Maung Bandung menang dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Persib di laga ini dicetak David da Silva pada menit 34. Meski kalah, Bhayangkara FC menemani Persib lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Mereka unggul head to head atas Bali United.

Sejak awal babak pertama, Persib yang harus kehilangan beberapa pemainnya karena cedera, ditekan dengan intens oleh Bhayangkara FC. Berstatus tim tamu, skuad The Guardian justru mendominasi laga.

Youssef Ezzejjari, Katsuyoshi Kimishima, Sani Rizki, dan Deny Sulistyawan jadi motor serangan Bhayangkara di laga ini, ditopang Muhammad Hargianto dari tengah. Beberapa kali, ancaman sukses mereka berikan untuk pertahanan Persib.

Akan tetapi, sampai menit 20 laga, Bhayangkara urung mencetak gol. Apiknya pertahanan Persib, ditambah dengan kurang klinisnya penyelesaian Bhayangkara, membuat Ezzejjari dan kolega gagal mencatatkan keunggulan.

Situasi ini terus bertahan sampai water break babak pertama. Selepas water break, justru Persib yang memberikan sengatan. Pada menit 34, aksi individu yang dipertontonkan David da Silva berbuah gol bagi Pangeran Biru. Skor berubah 1-0 untuk Persib.

Di sisa waktu babak pertama, Bhayangkara mencoba segala cara untuk mencetak gol balasan. Namun, upaya mereka tak kunjung membuahkan hasil. Skor 1-0 untuk keunggulan Persib pun bertahan sampaik babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Persib dan Bhayangkara FC. Persib memasukkan Febri Hariyadi, David Rumakiek, dan Nick Kuipers, sedangkan Bhayangkara FC memasukkan David Maulana dan Kasim Kotan.

Beberapa pergantian ini membuat intensitas permainan terjaga. Berada dalam status tertinggal, Bhayangkara menekan lini pertahanan Persib sedemikian rupa. Sialnya, ketiadaan Ezzejjari justru membuat serangan mereka makin tumpul.

Sementara itu, Persib yang mengandalkan serangan balik pun sudah urung lagi melepaskan serangan-serangan tajam, laiknya di babak pertama. Alhasil, sampai water break babak kedua, tidak ada gol yang tercipta, lantaran kebuntuan dialami kedua tim.

Selepas water break, Persib coba mengambil inisiatif. Untuk meredam tekanan Bhayangkara, mereka coba menerapkan pressing ketika para pemain Bhayangkara memasuki lini pertahanan. Percobaan ini berhasil. Bhayangkara FC makin kesulitan.

Di sisa waktu babak pertama, Bhayangkara FC masih dihinggapi kebuntuan. Alhasil, skor 1-0 untuk Persib bertahan sampai babak kedua tuntas. Persi pun menutup penampilan di fase grup Piala Presiden 2022 dengan hasil apik.

Baca Juga: Tanpa Penonton di Grup C Piala Presiden, Begini Penjelasan PT LIB

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya