Persija Gelar Program Latihan Khusus di Masa Libur

Latihan ini bertujuan untuk menjaga kondisi pemain

Jakarta, IDN Times - Setelah ditahan imbang 0-0 oleh Madura United pada pekan ke-10 Liga 1 2022/2023, Sabtu (17/9/2022) malam, pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll memutuskan untuk mengistirahatkan timnya selama tiga hari.

Namun, durasi tiga hari ini tentu saja tidak diisi oleh leha-leha semata. Pelatih fisik Persija, Paul Keenan, sudah menyiapkan program latihan khusus untuk para pemain Persija. Seperti apa program yang diberikan oleh Keenan?

1. Program latihan disesuaikan dengan kondisi pemain

Persija Gelar Program Latihan Khusus di Masa LiburSesi latihan Persija di Sawangan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Keenan berujar, dia ingin memanfaatkan momen libur ini dengan memberikan porsi latihan fisik yang disesuaikan dengan kondisi setiap pemain. Tujuannya agar kondisi pemain siap saat tim melakukan latihan kembali kelak.

"Para pemain memang memerlukan regenerasi dalam tiga hari ini. Tapi saya menyiapkan program latihan fisik untuk setiap pemain berdasarkan kebutuhan para pemain selama hari libur,” ucap Keenan, dilansir situs resmi klub.

Keenan memberi contoh, program latihan Hansamu Yama dan Hamra Hehanusa yang berbeda. Hansamu hanya melakukan latihan tubuh bagiam bawah karena sempat cedera kaki. Sedangkan Hamra harus latihan full karena dia belum mencatatkan menit tampil.

“Contohnya Hansamu (Yama) hanya melakukan latihan tubuh bagian bawah karena dia sempat cedera kaki. Contoh lainnya adalah Hamra (Hehanusa) yang harus melakukan latihan seluruh tubuh karena dia belum mempunyai menit bermain,” ucap Keenan.

Baca Juga: Persija Ditahan Imbang Madura United, Thomas Doll: Pemain Sedih

2. Ada potensi intensitas latihan yang meninggi

Persija Gelar Program Latihan Khusus di Masa LiburSesi latihan Persija di Sawangan. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Keenan mengatakan, program latihan dibuat karena pemain harus menyiapkan fisiknya sebelum melakukan latihan di minggu ini. Sebab, ada potensi intensitas latihan meningkat selepas masa libur kelak.

“Ke depan, siklus latihan akan lebih berat. Maka dari itu saya membuat program untuk para pemain. Saat hari pemulihan, program latihan pun berfungsi untuk meningkatkan respons hormonal para pemain," ujar Keenan.

3. Persija akan melakoni banyak laga berat

Persija Gelar Program Latihan Khusus di Masa LiburSelebrasi pemain Persija vs RANS Nusantara FC di laga uji coba, Sabtu (16/7/2022). (dok. Persija)

Dalam beberapa laga ke depan, Persija akan melakoni banyak laga berat. Pada 2 Oktober, mereka akan bertandang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk menghadapi Persib Bandung.

Selepas itu, Persija akan bersua Borneo FC dan Persik di Stadion Patriot Chandrabhaga, serta bertandang ke Stadion Jatidiri untuk menghadapi PSIS. Laga-laga ini penting untuk mengkatrol posisi 'Macan Kemayoran' di klasemen.

Baca Juga: Demi Tantang Persib, Persija Pangkas Libur Jeda Internasional

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya