Persija Pertanyakan Efektivitas TC Jangka Panjang Timnas: Masih Perlu?

Persija banyak lepas pemain ke Timnas

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta mempertanyakan efektivitas pemusatan latihan (TC) jangka panjang yang acap dihelat oleh PSSI. Respons ini hadir karena sembilan pemain mereka yang dipanggil TC Timnas Indonesia U-20.

"Tinggal sekarang kita menerjemahkan apa yang terbaik untuk sepak bola Indonesia. Apa dengan TC jangka panjang, atau ada opsi lain yang sering dilakukan negara-negara yang sepak bolanya maju?" ujar Wakil Presiden Persija, Ganesha Putra di Kantor Persija, Senin (30/1/2023).

1. Harus ada komunikasi intens antara klub dan PSSI

Persija Pertanyakan Efektivitas TC Jangka Panjang Timnas: Masih Perlu?Presiden Persija Jakarta Mohamad Prapanca di ajang IMGS 2022 by IDN Times. Foto: IDN Times/Fikri.

Setali tiga uang, Presiden Persija, Mohamad Prapanca juga menyarankan agar ada komunikasi antara pelatih klub yang pemainnya dipanggil, dengan pelatih Timnas. Sebab, selama ini komunikasi yang tercipta selalu satu arah.

"Jadi, ke depan program-program pelatihan untuk Timnas harus berkoordinasi dengan klub-klub yang pemainnya rutin dipanggil. Selama ini kan selalu satu arah, dan itu belum terlaksana," ujar Prapanca.

Baca Juga: Witan Sulaeman Resmi Gabung Persija, Susul Egy ke Liga 1

2. Pemain bisa jadi lebih tajam di liga

Persija Pertanyakan Efektivitas TC Jangka Panjang Timnas: Masih Perlu?Striker Persija Jakarta, Abdulla Yusuf Helal, saat merayakan gol bersama rekan-rekannya (Twitter @Persija_Jkt)

Panca (sapaannya) juga menyarankan, ke depannya perlu ada perubahan soal jangka waktu TC Timnas. Sebab, pada akhirnya para pemain akan jadi lebih tajam jika main di kompetisi, ketimbang melakoni TC jangka panjang.

"Kalau seandainya terlalu lama di TC, nanti ketajaman para pemain yang dipanggil ke Timnas akan berkurang. Pemain dan pelatih klub itu harus didengarkan, karena mereka yang menjalankan roda kompetisi sepak bola nasional," ujar Prapanca.

3. Pemain Persija banyak dipanggil ke Timnas

Persija Pertanyakan Efektivitas TC Jangka Panjang Timnas: Masih Perlu?Pemain Persija, Frengky Missa curi perhatian di Liga 1 2022-2023. (Twitter/@Persija_Jkt).

Banyaknya bakat Persija yang mekar sejak 2021/22 lalu, menjadikannya sebagai klub yang rutin melepas pemain ke Timnas. Sebenarnya ini memang tradisi lama Persija, sejak era 1970 hingga 1980. Terbaru, untuk TC Timnas U-20 saja, Macan Kemayoran sampai melepas sembilan pemain.

Mereka adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Dony Tri Pamungkas, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, Muhammad Ferarri, Resa Aditya, dan Barnabas Sobor. Beberapa di antaranya merupakan andalan, seperti Nico, Dony, apalagi Ferarri yang paling sering main sebagai starter.

Tak heran kalau Persija melemparkan kritik soal TC jangka panjang Timnas, karena kerap kehilangan kekuatan di kompetisi. Kekuatan skuad mereka tereduksi lantaran para pemain yang harus membela panji negara.

Baca Juga: Profil Witan Sulaeman, Pemain Baru Persija Jakarta 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya