Comscore Tracker

Piala AFF Kini Punya Sponsor Baru

Titel Piala AFF bakal berubah di edisi selanjutnya

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) telah menunjuk sponsor baru yang akan jadi pendukung untuk kegiatan Piala AFF 2022 mendatang. Sponsor baru itu adalah perusahaan asal Jepang, Mitsubishi Electric.

Peresmian sponsor ini diwartakan oleh AFF lewat siaran resmi yang diterima IDN Times, Senin (23/5/2022). Dengan begini, Suzuki sudah pasti tidak lagi menjadi sponsor AFF untuk gelaran turnamen 2022 mendatang.

"AFF mengumumkan sebuah kerja sama baru dengan perusahaan elektronik Mitsubishi Electric. Nantinya, nama perusahaan ini akan jadi titel untuk gelaran turnamen 2022 mendatang," tulis pernyataan resmi AFF.

1. Upaya kerja sama mutualisme AFF dan Mitsubishi Electric

Piala AFF Kini Punya Sponsor BaruTimnas Malaysia. (affsuzukicup.com)

Dalam pernyataan resminya, AFF mengungkapkan penunjukkan Mitsubishi Electric ini menghadirkan simbiosis mutualisme bagi AFF dan Mitsubishi Electric. AFF berupaya menjadi alat pemersatu Asia Tenggara lewat sepak bola dengan dukungan Mitsubishi Electric.

Di sisi lain, sebagai perusahaan elektronik terkemuka, Mitsubishi Electric juga berupaya memperluas pasar ke Asia Tenggara. Mereka juga ingin berkontribusi untuk kemajuan Asia Tenggara lewat produk-produk elektronik yang mereka sajikan.

Baca Juga: Profil Osamanmusa: Jalan Terjal Karier Top Skor Piala AFF Futsal

2. Optimisme baru bagi AFF dan Asia Tenggara

Piala AFF Kini Punya Sponsor BaruTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Presiden AFF, Khiev Sameth, menegaskan kerja sama antara pihaknya dan Mitsubishi Electric menghadirkan sebuah optimisme tersendiri. Dia pun senang, akhirnya kerja sama yang saling menguntungkan ini bisa terjadi.

"Tujuan kami untuk mengembangkan sepak bola Asia Tenggara lewat Piala AFF, sesuai dengan misi dari Mitsubishi Electric. Kerja sama ini akan jadi era baru bagi gelaran Piala AFF, dan saya optimistis turnamen ini akan naik satu level lagi," ujar Sameth.

3. Piala AFF sudah berganti sponsor beberapa kali

Piala AFF Kini Punya Sponsor BaruTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Sebelum Mitsubishi Electric, ada beberapa perusahaan yang sempat menjadi sponsor dari Piala AFF. Sejak 1996 hingga 2006, Piala AFF disponsori oleh perusahaan bir terkemuka asal Singapura, Tiger.

Pada 2007, gelaran Piala AFF sempat tidak memiliki sponsor, hingga akhirnya pada 2008, Suzuki pun menjadi sponsor baru. Memasuki 2022 ini, Mitsubishi Electric pun resmi jadi sponsor turnamen antar negara Asia Tenggara itu.

Baca Juga: Peraih Penghargaan Individu Piala AFF Futsal 2022, Ada Nama Albagir

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya