Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas Indonesia

Indonesia tidak berkutik di final leg 1 Piala AFF

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengungkapkan, Timnas Indonesia tak perlu sedih berkepanjangan jika nantinya gagal menggondol trofi Piala AFF 2020. Sudah ada SEA Games 2021 yang menanti.

"Keputusan PSSI dan Shin Tae Yong membawa banyak pemain muda itu tepat. Sebab di depan kita akan ada SEA Games. Kami juga berharap tim ini jadi cikal bakal Timnas senior," ujar Zainudin.

1. Perjalanan di Piala AFF jadi pelajaran

Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas IndonesiaTimnas Indonesia vs Singapura. (Dok. Media PSSI)

Zainudin juga menyebut, apa yang didapat oleh Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, harus menjadi pelajaran di SEA Games nanti. Ragam pengalaman yang didapatkan akan membuat skuad Indonesia jadi lebih kuat ke depannya.

"Timnas ini memang kami persiapkan untuk SEA Games. Sehingga, mereka sudah mendapatkan pengalaman terlebih dahulu bertemu dengan negara-negara di Asia Tenggara, karena SEA Games ada batas maksimal usia," tutur Zainudin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Susah Bikin Keajaiban Buat Timnas Indonesia

2. Skuad racikan Shin Tae Yong ciamik

Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas IndonesiaShin Tae-yong. (Website/pssi.org)

Meski menderita kekalahan di laga leg pertama final Piala AFF 2020, Zainudin akui skuad Timnas Indonesia racikan Shin Tae Yong ini ciamik. Dari awalnya diremehkan, mereka bisa melaju terus sampai akhirnya menjejakkan kaki di partai final.

"Awalnya, Timnas ini diremehkan oleh beberapa negara. Mereka diremehkan karena anak-anak muda. Indonesia turun dengan tim yang masih muda, tentu belum punya pengalaman. Namun semangat mereka luar biasa," ujar Zainudin.

3. Peluang tipis bagi Indonesia

Piala AFF Usai, SEA Games Langsung Menanti Timnas IndonesiaAksi bek Timnas Indonesia, Alfreanda Dewangga di laga kontra Thailand dalam final Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Timnas Indonesia baru saja tumbang di tangan Thailand dalam final leg 1 Piala AFF 2020. Bersua di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam, skuad Garuda tumbang dengan skor 0-4.

Indonesia sejatinya masih memiliki peluang untuk jadi juara, asalkan mereka menang lebih dari empat gol di leg kedua. Akan tetapi, tugas ini tentu sulit. Namun, seperti kata Zainudin, kalah di Piala AFF 2020, ada SEA Games 2021 yang sudah menunggu.

Baca Juga: [BREAKING] Shin Tae Yong Tak Sangka Timnas Indonesia Dibantai Thailand

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya