Piala Dunia U-20: Legenda Israel Minta Indonesia Belajar dari Qatar

Indonesia tersudut dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20

Jakarta, IDN Times - Legenda sepak bola Israel, Eli Ohana, buka suara soal polemik penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, Indonesia. Ohana meminta agar Indonesia bisa belajar dari Qatar saat menjadi tuan rumah.

Sebenarnya, menurut Ohana, perkembangan Qatar sebagai tuan rumah juga sempat diiringi kontroversi. Isu mengenai HAM hingga toleransi, sempat "digoreng" oleh sejumlah media Eropa. Tapi, pada akhirnya, Qatar bisa menyelenggarakan Piala Dunia 2022 dengan begitu sukses.

"Qatar setidaknya bisa jadi tempat yang paling aman untuk ditinggali. Ada pasukan polisi yang kuat di sana. Nah, Indonesia tentu saja harus bisa menciptakan kondisi yang aman di sekitar tim," ujar Ohana, dilansir Sport5.

1. Penolakan terhadap Israel jadi PR Indonesia

Piala Dunia U-20: Legenda Israel Minta Indonesia Belajar dari Qatarbendera negara Israel (freepik.com/www.slon.pics)

Ohana berujar, pekerjaan rumah Indonesia lebih berat ketimbang Qatar. Sebab, penolakan terhadap Israel berasal dari masyarakat. Itu jadi masalah berat yang harus mereka selesaikan, tentu dengan konsultasi dari FIFA.

"Kondisi di Indonesia, suara publik begitu hebat. Suara penolakan dari publik ini yang menjadi masalah, hal itu tidak diragukan lagi. FIFA agaknya sudah melakukan sesuatu soal ini secara diam-diam," ujar Ohana.

Baca Juga: FIFA Tolak Permintaan Pemerintah Indonesia Soal Israel

2. Legenda Israel lain yakin Piala Dunia U-20 tetap di Indonesia

Piala Dunia U-20: Legenda Israel Minta Indonesia Belajar dari QatarMaskot Piala Dunia U-20 2023 Bacuya (kanan) saat parade perkenalan maskot Piala Dunia U-20 2023 pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (18/9/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/tom

Sementara itu, legenda Israel yang lain, Eyal Berkovic, mengaku yakin Piala Dunia U-20 2023 tetap digelar di Indonesia. Polemik yang terjadi sekarang hanya merupakan kesimpangsiuran di media pasca pembatalan drawing.

"Saya belum mendengar Menteri Luar Negeri atau Federasi Israel bicara soal ini (pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia). Saya belum dengar info apa pun dari pihak berwenang," kata Berkovic.

3. PSSI tengah melakukan diskusi dengan FIFA

Piala Dunia U-20: Legenda Israel Minta Indonesia Belajar dari QatarKetua Umum PSSI, Erick Thohir dan Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam jumpa pers, Senin (6/3/2023). (IDN Times/Tino).

Saat ini, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, tengah melakukan diskusi dengan FIFA terkait polemik Piala Dunia U-20 2023. Berdasarkan informasi, diskusi ini dihelat di Doha, Qatar.

Secara persiapan, Indonesia sejatinya sudah siap menyambut Piala Dunia U-20 2023. Pembenahan infrastruktur sudah dilakukan sesuai arahan FIFA. Namun, memang, mereka agaknya kudu belajar dari Qatar meredam gejolak yang ada.

Baca Juga: Pemain Timnas U-20 Kecewa Piala Dunia U-20 Jadi Alat Politik

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya