Comscore Tracker

Piala Eropa 2020: Adu Tandukan Sakti di Laga Wales Vs Swiss

Swiss sempat unggul, namun Wales sukses mengejar

Jakarta, IDN Times - Tak ada pemenang dalam duel Wales kontra Swiss dalam laga kedua Grup A Piala Eropa 2020. Bertanding di Baku Olympic Stadium, Sabtu (12/6/2021), Wales dan Swiss bermain imbang 1-1.

Gol-gol dalam pertandingan ini dicetak oleh Breel Embolo pada menit 49 untuk Swiss, serta Kieffer Moore pada menit 75 untuk Wales. Akibat hasil ini, Italia pun masih bertahta di puncak klasemen Grup A.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Wales vs Swiss, Menanti Duel Bale dan Shaqiri

1. Babak pertama berlangsung monoton

Piala Eropa 2020: Adu Tandukan Sakti di Laga Wales Vs SwissWales vs Swiss di Piala Eropa 2020. (Twitter/EURO2020)

Kedua tim langsung menurunkan para pemain intinya sejak awal pertandingan ini, Swiss memainkan Xherdan Shaqiri, Breel Embolo, dan Granit Xhaka. Sedangkan, Wales menurunkan Gareth Bale, Joe Allen, Daniel James, serta Ben Davies.

Di awal-awal babak pertama, pertandingan berjalan begitu santai. Tampak kedua tim masih berupaya untuk meraba permainan, dan tidak gegabah untuk langsung melepaskan tekanan.

Namun, dengan kecepatan yang dimiliki para pemain sayapnya, Wales mencoba untuk memberikan tekanan kepada para pemain Swiss. Sayang, belum adanya sinergi antara James, Bale, dan pemain depan Wales lainnya, membuat serangan mudah dimentahkan lini belakang Swiss.

Seiring berjalannya babak pertama, Swiss mulai menekan balik. Xhaka berhasil mendikte lini tengah, dan menjadi pengalir bola untuk lini tengah Swiss. Mereka mulai menguasai permainan. Namun, Embolo dan Haris Seferovic juga kesusahan menembus pertahanan Wales.

Situasi ini terus berlangsung hingga babak pertama tuntas. Alhasil, skor 0-0 jadi penutup babak pertama. Tidak ada yang unggul di babak pertama ini.

2. Swiss meledak di babak kedua

Piala Eropa 2020: Adu Tandukan Sakti di Laga Wales Vs SwissWales vs Swiss di Piala Eropa 2020. (Twitter/EURO2020)

Memasuki babak kedua, Swiss masih menguasai permainan. Mereka sudah lebih percaya diri, dan tidak lagi segan dalam mendikte permainan. Hasilnya, pada menit 49, Swiss berhasil mencetak gol lewat sundulan Embolo, memanfaatkan umpan sepak pojok Shaqiri. Skor 1-0 untuk keunggulan Swiss.

Unggul satu angka, Swiss tidak menurunkan intensitas tekanan. Malah, pada menit 66, mereka memasukkan pemain baru untuk meningkatkan tekanan. Pelatih Vladimir Petkovic memasukkan Denis Zakaria, menggantikan Shaqiri.

Masuknya Zakaria diharapkan dapat membuat lini serang Swiss tetap tajam. Itu terbukti, karena Swiss beberapa kali tetap mampu memberikan tekanan ke lini pertahanan Wales. Terus ditekan oleh Swiss, Wales tidak tinggal diam.

Pada menit 75, Wales memutuskan untuk mengganti James yang tidak efektif dengan David Brooks. Langkah dari Wales ini membuahkan hasil. Tidak lama kemudian, Wales mencetak gol lewat Kieffer Moore, memanfaatkan umpan Joe Morrell. Skor 1-1 untuk kedua tim.

Di sisa waktu babak kedua, Swiss dan Wales mulai saling menekan untuk mencari gol. Swiss bahkan memasukkan Mario Gavranovic. Dia sempat mencetak gol, namun dianulir wasit karena offside. Wales juga beberapa kali menciptakan peluang, salah satunya gagal dimanfaatkan Aaron Ramsey.

Hingga babak kedua tuntas, Wales dan Swiss gagal menyamakan angka. Skor 1-1 bertahan untuk kedua tim.

3. Italia masih jadi pemimpin klasemen Grup A

Piala Eropa 2020: Adu Tandukan Sakti di Laga Wales Vs SwissPesepak bola Italia Lorenzo Insigne (kanan) melakukan celebras denna rekannya Jorginho setelah mencetak bol ke gawang Turki dalam laga perdana Group A Euro 2020, di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Jumat (11/6/2021). Italia berhasil mengalahkan Turki 3-0. ANTARA FOTO/Pool via Reuters- Mike Hewitt

Berkat hasil ini, posisi Italia sebagai pemuncak klasemen Grup A Piala Eropa 2020 belum tergoyahkan. Dalam laga pembuka pada Sabtu (12/6/2021) dini hari, Italia menang atas Turki. Mereka pun sukses mengumpulkan tiga poin.

Sedangkan Wales dan Swiss, mereka untuk saat ini sama-sama meraih satu poin, buah dari hasil imbang yang mereka dapat. Di laga kedua nanti, Italia akan berhadapan dengan Swiss, sedangkan Wales menghadapi Turki.

Baca Juga: Piala Eropa 2020: 3 Catatan Menarik Kemenangan Italia Atas Turki 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya