Comscore Tracker

Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain Terbaik

Pedri jadi pemain muda terbaik

Jakarta, IDN Times - Piala Eropa 2020 berakhir sudah. Kemenangan Italia atas Inggris dalam laga final yang dihelat di Wembley Stadium, Senin (12/7/2021) dini hari jadi penanda berakhirnya turnamen sepak bola empat tahunan antar negara Eropa tersebut.

Sejalan dengan berakhirnya ajang ini, beberapa pemain yang tampil mencuat pun meraih gelar-gelar individu. Di dalamnya, ada nama-nama macam Cristiano Ronaldo, Pedri, serta Gianluigi Donnarumma. Apa saja penghargaan yang mereka dapat?

1. Ronaldo jadi topskor, ungguli Harry Kane

Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain TerbaikCristiano Ronaldo. (twitter.com/EURO2020)

Cristiano Ronaldo ditahbiskan menjadi topskor Piala Eropa 2020. Total, dari empat laga yang dia lalui di ajang ini, sosok kelahiran Madeira itu mampu membukukan lima gol. Catatannya ini sama dengan Patrik Schick, hanya saja Ronaldo mencetak lima gol dalam laga yang lebih sedikit.

Torehannya ini juga membuat Ronaldo sukses mengungguli penyerang Inggris, Harry Kane. Pemain Tottenham Hotspur itu gagal menambah pundi-pundi golnya setelah mengalami kebuntuan di laga final. Dia kesulitan membobol gawang Italia.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!

2. Gianluigi Donnarumma jadi pemain terbaik

Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain TerbaikInggris vs Italia. (antaranews.com/foto)

Untuk pemain terbaik di Piala Eropa 2020 ini, gelar tersebut jatuh kepada Gianluigi Donnarumma. Kiper yang musim depan akan membela Paris Saint-Germain (PSG) tersebut sukses keluar sebagai kiper terbaik berkat penampilannya yang apik di bawah mistar.

Total, Donnarumma mencatatkan tiga kali clean sheet, sembilan kali penyelamatan, plus jadi pahlawan Italia dalam babak adu penalti di semifinal lawan Spanyol dan final lawan Italia. Dia pun menyamai torehan Peter Schmeichel yang menjadi pemain terbaik di Piala Eropa 1992.

3. Penghargaan lain di Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Ronaldo Topskor, Donnarumma Pemain TerbaikSpanyol vs Swedia. (twitter.com/SeFutbol)

Selain penghargaan topskor dan pemain terbaik, Piala Eropa 2020 ini juga menghadirkan gelar individu lain, salah satunya adalah pemain muda terbaik. Gelar ini sukses disabet oleh pemain muda asal Spanyol, Pedri, yang kini baru berusia 18 tahun.

Pedri memang tampil apik bersama Spanyol sepanjang Piala Eropa 2020 ini. Dia menjadi pemain yang mampu menjaga keseimbangan di lini tengah Spanyol, plus kerap membantu serangan lewat umpan-umpan terobosannya. Berkatnya, Spanyol mampu melangkah hingga ke babak semifinal.

Baca Juga: 3 Fakta Unik di Balik Suksesnya Italia Juara Piala Eropa 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya