Piala Eropa 2020: Masuk Grup Neraka, Ini Peluang Prancis dan Portugal 

Masih ada Jerman pula!

Jakarta, IDN Times - Sama seperti turnamen antar negara lainnya, undian grup Piala Eropa 2020 juga melahirkan grup neraka. Nah, kali ini, sematan grup neraka itu diberikan kepada Grup F.

Grup F ini mempertemukan tim-tim dengan tradisi yang bagus di sepak bola Eropa, seperti Prancis, Portugal, dan Jerman. Menarik untuk melihat seperti apa persaingan yang akan terjadi di grup neraka ini?

1. Portugal dan Prancis bertabur bintang

Piala Eropa 2020: Masuk Grup Neraka, Ini Peluang Prancis dan Portugal Prancis vs Ukraina. (Twitter.com/equipedefrance)

Prancis dan Portugal hadir ke Piala Eropa 2020 ini dengan rasa percaya diri yang tinggi. Selain hasil apik dalam beberapa laga internasional di tahun 2021, skuat Prancis dan Portugal juga disesaki pemain-pemain bintang.

Prancis masih diperkuat oleh nama-nama yang mentas di Piala Dunia 2018. Sosok-sosok macam Antoine Griezmann, Olivier Giroud, Paul Pogba, serta N'Golo Kante masih diandalkan oleh Didier Deschamps, pelatih Prancis. Kekuatan mereka bertambah dengan hadirnya Karim Benzema.

Hal serupa juga terjadi di Portugal. Jika biasanya mereka hanya mengandalkan Cristiano Ronaldo semata, sekarang mereka diperkuat nama-nama tenar macam Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Diogo Jota, serta Ruben Dias.

Taburan bintang yang ada di skuat Portugal dan Prancis ini menjanjikan sebuah persaingan sengit. Apalagi, kedua tim juga bertemu di final Piala Eropa 2016 lalu. Ketika itu, Portugal sukses memberikan luka dan menggamit trofi Piala Eropa perdana mereka.

Baca Juga: Gaya Bintang ManCity Tiru Dewa Mabuk Inggris di Piala Eropa

2. Jerman dan Hungaria bisa memberikan kejutan

Piala Eropa 2020: Masuk Grup Neraka, Ini Peluang Prancis dan Portugal Twitter.com/@DFB_Team_EN

Prestasi Jerman selepas Piala Dunia 2014 silam bisa dibilang mengalami sedikit penurunan. Di ajang Piala Eropa 2016, mereka terhenti di babak semifinal oleh Prancis. Petaka malah menghampiri mereka di Piala Dunia 2018. Mereka gagal lolos fase grup, bahkan ditumbangkan Korea Selatan.

Namun, dengan beberapa pembenahan yang dilakukan, skuat Jerman juga berpotensi menghadirkan kejutan. Perpaduan nama senior dan muda di skuat 'Der Panzer' dapat menjadi ancaman tersendiri bagi Prancis dan Portugal. Nama-nama macam Leroy Sane dan Serge Gnabry ada di tim.

Tidak cuma itu, Jerman juga kembali diperkuat Mats Hummels dan Thomas Mueller. Nama-nama macam Kai Havertz, Timo Werner, serta Ilkay Guendogan juga ada di tim. Skuat Jerman masih terhitung berkualitas untuk gelaran Piala Eropa 2020 ini.

Lalu, jangan lupakan juga Hungaria. Meski minim pemain yang main di lima liga top Eropa, mereka tetap punya sosok-sosok apik macam Peter Gulacsi, Willi Orban, serta Adam Szalai. Mereka bisa jadi batu sandungan tim-tim lain di Grup F ini.

3. Siapa kira-kira yang bisa lolos dari grup neraka ini?

Piala Eropa 2020: Masuk Grup Neraka, Ini Peluang Prancis dan Portugal instagram.com/portugal

Berdasarkan prediksi IDN Times, dengan menilik kualitas skuat dari tim-tim yang ada di Grup F ini, plus catatan pertandingan mereka sepanjang 2021, agaknya nama Portugal dan Prancis jadi yang terdepan untuk lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dari Grup F.

Untuk Jerman, terlepas dari kualitas pemain yang dimiliki, Jerman agaknya sedikit kesulitan untuk bersaing dengan Prancis dan Portugal. Hungaria pun demikian. Akan tetapi, menilik kejadian di Piala Eropa 2016, Hungaria punya peluang menahan tiga tim lain di Grup F.

Baca Juga: 8 Pemain Asal Klub Luar Eropa yang Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya