Polri Minta Prokes Kompetisi Dibenahi, PT LIB: Kami akan Ajukan Lagi

Koordinasi LIB dan Polri soal liga terus berjalan

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengatakan pihaknya dan PSSI masih terus berkoordinasi dengan Polri terkait izin kompetisi. 

"Kita koordinasi saja dengan jajaran polisi agar izin segera keluar. Harapan kita sama dengan harapan semua masyarakat bola, agar bisa segera keluar izinnya," ujar Akhmad kepada wartawan, Kamis (4/2/2021).

1. LIB sebut protokol kesehatan perlu dilengkapi

Polri Minta Prokes Kompetisi Dibenahi, PT LIB: Kami akan Ajukan Lagi(Ki-ka) Dirut PT LIB Akhmad Hadian, Sekda Sleman Hardo Kiswoyo, dan Direktur Operasional PT LIB Sudjarno. IDN Times/Tunggul Damarjati

Akhmad mengungkapkan koordinasi dengan Polri ini sudah terlaksana. Dalam koordinasi itu, Polri menyebut ada beberapa hal yang perlu dibenahi dari protokol kesehatan yang sudah disusun oleh LIB dan PSSI.

"Ada koordinasi dengan kita (Polri), ada beberapa hal yang perlu dilengkapi berkaitan dengan protokol kesehatan, karena itu memang krusial sekali kalau pertandingan jadi perlu rinci dan detail. Jadi kami ingin menyempurnakan, kita akan ajukan lagi," ungkap Akhmad.

Baca Juga: Pengamat: PSSI Terlambat Hentikan Liga 1 dan Liga 2 2020

2. Ada atau tidak adanya pramusim, simulasi tetap berlangsung

Polri Minta Prokes Kompetisi Dibenahi, PT LIB: Kami akan Ajukan LagiAntarafoto.com

Akhmad menyebut ada atau tidak adanya pramusim, simulasi akan tetap berjalan. Simulasi ini nantinya akan jadi patokan bagi tim-tim sera operator liga dalam menggelar pertandingan saat pandemik COVID-19.

"Harus (ada simulasi), karena gunanya untuk kita menyelenggarakan bola kita latihan dengan cara kita kita sebagai operator mengerti apa yang harus dilakukan dan kita sebarkan ke klub-klub sebagai patokan setiap laga," ujar Akhmad.

Sedangkan soal pramusim, Akhmad menyebut semuanya tergantung izin. Jika nanti izin dari kepolisian turun berdekatan dengan Lebaran, pramusim sudah pasti tidak akan terlaksana.

"Belum kita pikirkan karena tergantung izin. Kalau izinnya mepet ke Lebaran pasti pramusim tidak bisa. Jadi kita lihat dulu izinnya kalau waktunya memungkinkan baru kita rancang," ungkap Akhmad.

3. LIB sebut siap gelar Liga 1 dan Liga 2

Polri Minta Prokes Kompetisi Dibenahi, PT LIB: Kami akan Ajukan LagiLiga-Indonesia.id

Akhmad mengatakan LIB siap menyelenggarakan Liga 1 dan Liga 2. Dengan adanya simulasi yang kelak jadi prosedur operasional standar (SOP) ini, hal tersebut akan jadi pedoman bagi semua pihak saat liga sudah berjalan.

"Ya, prinsipnya dari kemarin kita sudah siap (mengadakan Liga 1 dan Liga 2), sekarang memantapkan saja, gitu. Jangan sampai nanti kita disalahkan kalau nanti ternyata ada yang tidak mematuhi SOP, kan kita sudah buat SOP ya," ujar Dirut LIB itu.

Baca Juga: LIB Siap Matangkan Protokol Kesehatan demi Izin Liga 1 dan Liga 2 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya