Polri Siapkan Konsep Baru Pengamanan Liga 1 2023/2024

Polri siap amankan gelaran Liga 1 2023/2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi respons cepat Polri yang sudah mempersiapkan konsep baru pengamanan gelaran Liga 1 2023/24. Ini menunjukkan ada komitmen antara federasi dan kepolisian.

"Ini artinya, PSSI dan Polri punya komitmen kuat untuk bersama memperbaiki jalannya kompetisi liga dalam hal perizinan, pengaturan keamanan, serta memberikan kenyamanan bagi penonton, sponsor, klub, serta siaran televisi," ujar Erick di Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: Liga 1 Berubah Menjadi Liga Indonesia, Ini Nama Sebelumnya

1. Polri sudah siapkan konsep pengamanan baru

Polri Siapkan Konsep Baru Pengamanan Liga 1 2023/2024Ketum PSSI, Erick Thohir (kiri), Kapolri Listyo Sigit (tengah), dan waketum PSSI Zainudin Amali (kanan). (Dok. PSSI)

Polri sedang menggodok konsep baru dalam pengamanan pertandingan Liga 1 Indonesia. Asops Kapolri Irjen Agung Setya mengatakan polisi akan melakukan kajian bersama PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk membahas berbagai aspek.

"Kita akan duduk bersama dengan PSSI dan penyelenggara liga. Polri akan siapkan konsep baru penyelenggaraan liga yang lebih baik dan nyaman bagi penonton, penyelenggara, dan klub demi era baru persepakbolaan Indonesia yang lebih berkelas," jelas Agung.

Baca Juga: Timnas U-22 Sudah Punya Winning Team Semifinal SEA Games 2023

2. Sinergi dengan kepolisian diperlukan

Polri Siapkan Konsep Baru Pengamanan Liga 1 2023/2024Ketum PSSI, Erick Thohir (kiri), Kapolri Listyo Sigit (tengah), dan waketum PSSI Zainudin Amali (kanan). (Dok. PSSI)

Erick menegaskan sinergi dengan kepolisian memang terus dibangun untuk mendukung sepak bola Indonesia agar semakin profesional. PSSI juga sudah bekerja sama dengan Polri dalam pembentukan Satgas Anti Mafia Bola yang bertujuan memberantas match fixing (pengaturan skor pertandingan).

"Jika kita ingin memperbaiki sesuatu yang lebih baik, tidak bisa sendiri. Harus sinergi dan kolaborasi dengan pihak lain. Polri akan selalu menjadi mitra bagi PSSI karena ada keterkaitan dan saling membutuhkan koordinasi untuk menangani sepak bola," ujar Erick.

Baca Juga: Demi Liga 1 Tepat Waktu, Erick Thohir Serahkan Jadwal ke Kapolri

3. PSSI sudah serahkan jadwal Liga 1 ke Polri

Polri Siapkan Konsep Baru Pengamanan Liga 1 2023/2024Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memberikan keterangan terkait pembentukan satgas, kompetisi, dan Timnas Indonesia, di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (28/4/2023). (IDN Times/Tino).

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, secara resmi menyerahkan jadwal Liga 1 musim 2023/24 kepada Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit di sela-sela KTT ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Jadwal musim depan cukup krusial. Apalagi, ada agenda pemilihan umum yang digelar pada 2024. Pastinya, faktor keamanan akan menjadi salah satu perhatian kepolisian dalam proses pemberian izin.

"Jadwal yang kami serahkan ke Polri merupakan hasil dari koordinasi PSSI dengan PT LIB selaku operator Liga 1 2023/24. Kami berharap semua berkomitmen demi kelancaran kompetisi sepak bola nasional," ujar Erick.

Baca Juga: Siap-Siap, Operator Liga 1 dan Liga 2 Berbeda Musim Depan

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya