Comscore Tracker

Portugal Kini Bukan Cuma Cristiano Ronaldo

Portugal sekarang berisi pemain-pemain apik

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo memang sukses berkontribusi dalam kemenangan Portugal atas Luksemburg dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Rabu (31/3/2021). Namun, perlu diingat, Ronaldo sempat mengalami paceklik gol.

Total, dalam empat laga sebelum menghadapi Luksemburg, Ronaldo gagal menyumbangkan gol untuk Portugal. Tetapi, kendati Ronaldo mengalami kebuntuan, Portugal tetap mampu tampil apik di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Karena, meski Ronaldo tidak tampil bagus, beberapa pemain Portugal mampu menopang tim lewat kualitas yang mereka miliki.

Baca Juga: Cibiran Buat Cristiano Ronaldo: Pemain yang Egois

1. Portugal sekarang dihuni para pemain hebat

Portugal Kini Bukan Cuma Cristiano Ronaldoteamtalk.com

Pernah ada masa skuad Portugal dijejali pemain bintang, mulai dari Rui Costa, Luis Figo, Deco, Pedro Pauleta, Nuno Gomes, Simao Sabrosa, hingga Joao Moutinho. Namun, selepas generasi emas itu berakhir, Portugal sempat tidak absen melahirkan pemain berkaliber dunia, terkecuali Ronaldo.

Barulah di masa-masa sekarang, talenta itu bermunculan. Nama-nama macam Bernardo Silva, Ruben Neves, Renato Sanches, Diogo Jota, Joao Felix, hingga Bruno Fernandes, mulai muncul dan menjadi tulang punggung tim.

Tidak cuma itu, mereka juga tampil di tim-tim yang masuk lima liga top Eropa, macam Premier League, Serie A, LaLiga, dan Bundesliga. Kualitas Selecao das Quinas sekarang pun terangkat.

2. Ronaldo tidak perlu bekerja sendirian

Portugal Kini Bukan Cuma Cristiano RonaldoCristiano Ronaldo membuang ban kapten saat membela Timnas Portugal. (beinsports.com).

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Portugal, di masa-masa kekosongan pemain berkualitas, kerap menjadikan Ronaldo sebagai tulang punggung tim. Alhasil, pernah juga hadir julukan Portugal adalah one man team, karena mengandalkan Ronaldo seorang.

Namun, perlahan label itu sirna. Kini, dengan hadirnya sejumlah pemain berkualitas di tim, mereka jadi penolong Ronaldo di setiap pertandingan. Contoh terbaru, Diogo Jota mampu menjadi pemecah kebuntuan saat Portugal kesulitan mencetak gol di laga lawan Serbia.

Tidak cuma itu, hadirnya pemain lain macam Felix, Andre Silva, bahkan Pedro Neto, di depan dapat membantu Ronaldo dalam membongkar pertahanan lawan. Dia jadi tidak perlu bekerja sendirian lagi.

3. Masa depan cerah menanti Portugal

Portugal Kini Bukan Cuma Cristiano Ronaldo90min.com

Sama seperti Inggris, dengan kualitas-kualitas pemain yang mereka miliki saat ini, masa depan cerah juga menanti Portugal. Banyaknya pemain yang mentas di lima liga top Eropa, ditambah lagi usia yang masih muda atau baru masuk era emas, jadi sesuatu yang menjanjikan.

Alhasil, jika kelak Cristiano Ronaldo pensiun, Portugal tidak perlu khawatir. Mereka masih bisa bersaing dengan negara lain, karena mereka juga memiliki pemain-pemain yang levelnya tidak kalah tinggi dengan pemain negara lain.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Ngamuk di Lapangan, Netizen Bereaksi

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya