Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala Eropa

Mereka dapat jadi andalan Portugal

Jakarta, IDN Times - Seperti halnya beberapa kontestan lain, Timnas Portugal saat ini tengah menatap Piala Eropa 2020. Tidak seperti empat tahun silam, sekarang Portugal memiliki bekal yang lebih baik.

Jika sebelumnya Portugal hanya mengandalkan Cristiano Ronaldo, sekarang ada banyak bintang yang bisa jadi tumpuan tim. Nah, tanpa menghitung Ronaldo, berikut IDN Times memprediksi siapa saja yang akan jadi pemain kunci Portugal di Piala Eropa 2020.

Baca Juga: Menakar Kekuatan Timnas Portugal untuk Piala Eropa 2020

1. Ruben Dias

Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala Eropaskysports.com

Datang sebagai rekrutan baru Manchester City di musim 2020/21, Ruben Dias langsung menahbiskan diri sebagai salah satu sosok penting di lini belakang. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Dias berkembang begitu pesat dibandingkan ketika masih berseragam Benfica.

Selain kemampuan bertahan, nilai lebih Dias terletak pada kemampuannya mendistribusikan bola. Sepanjang musim 2020/21, dia mampu menorehkan rataan umpan sebesar 80,1 kali per laga, dengan persentase kesuksesan 93 persen.

Kehadiran Dias ini pun dapat jadi opsi bagi Portugal untuk memainkan bola dari bawah. Tugas dari lini tengah juga jadi tidak akan terlalu berat, karena mereka tidak perlu turun jauh menjemput bola. Ada Dias yang siap mengalirkan bola.

2. Diogo Jota

Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala Eropapotret Diogo Jota bersama Liverpool(skysports.com)

Diogo Jota sebenarnya sudah menonjol sejak masih membela Wolverhampton Wanderers. Namun, keputusannya untuk pindah ke Liverpool adalah hal yang tepat. Selain menambah pengalaman, kemampuan Jota sebagai seorang winger jadi semakin terasah di Liverpool.

Selain itu, Jota juga kerap jadi pemecah kebuntuan tim. Rataan dribel per laganya mencapai angka 1,1 kali. Dia juga mampu mencetak 13 gol dari 30 laga bersama Liverpool di semua kompetisi. Mungkin, jika tidak dihantui cedera, Jota bisa menyumbangkan banyak hal untuk Liverpool.

Bersama Portugal nanti, Jota bisa jadi penolong Ronaldo untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dribel-dribelnya yang merepotkan akan menarik bek lawan, dan memberikan ruang bagi Ronaldo. Selain itu, jika Ronaldo buntu, dia bisa muncul sebagai juru selamat Portugal.

3. Joao Felix

Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala EropaJoao Felix dan Luis Suarez. (beinsports.com).

Sempat mengalami awal yang buruk bersama Atletico Madrid, perlahan Joao Felix mulai menunjukkan taji. Dengan posisinya sebagai penyerang lubang, Felix jadi pelengkap lini serang Atletico, mendukung Luis Suarez.

Felix begitu andal dalam hal menyambungkan bola dari tengah ke depan. Tidak cuma itu, dia juga mampu jadi penyedia ruang bagi penyerang tengah, karena pergerakannya di area sepertiga akhir kerap menarik bek lawan keluar dari posisinya.

Dengan kemampuannya ini, Felix dapat menopang Ronaldo selaku penyerang tengah. Tidak cuma itu, ketika Portugal mengalami kebuntuan, Felix dapat jadi pencetak gol. Total, dari 40 laga bersama Atletico di musim 2020/21, dia mampu mencetak 10 gol dan enam assist.

4. Bruno Fernandes

Portugal Punya 4 Senjata Maut Selain Ronaldo di Piala EropaTwitter.com/premierleague

Bruno Fernandes jadi salah satu nama yang layak dinantikan penampilannya di Piala Eropa 2020. Bersama Manchester United, dia sukses menahbiskan diri sebagai gelandang serang mumpuni. Torehan 28 gol dan 17 assist dari 58 laga jadi bukti kematangan Fernandes.

Tidak cuma itu, Fernandes juga sanggup jadi motor serangan MU, dengan torehan umpan kunci 2,6 kali per laga, plus rataan tembakan 3,1 kali per laga. Dia bisa jadi pelayan yang baik buat Ronaldo, sekaligus penyelesai peluang ketika Timnas Portugal mengalami kebuntuan.

Baca Juga: Daftar Skuat Timnas Portugal untuk Euro 2020, Bertabur Bintang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya