Potensi Eddie Nketiah Berevolusi Seperti Thierry Henry

Eddie Nketiah memperpanjang kontrak bersama Arsenal

Jakarta, IDN Times - Eddie Nketiah mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar musim depan. Tidak cuma resmi memperpanjang kontrak bersama Arsenal, pemuda berusia 23 tahun itu juga akan mengenakan jersey nomor 14.

Nomor tersebut jelas bukan barang sembarangan. Sebelumnya, nomor itu digunakan Thierry Henry. Sekadar informasi, Henry mencetak 228 gol dan 106 assist dari 375 penampilannya bersama Arsenal. Dia adalah legenda klub.

Menggunakan nomor itu jelas menghadirkan beban baru bagi Nketiah. Nah, masalahnya, mampukah Nketiah menanggulangi beban itu?

1. Eddie Nketiah sempat dihujat fans

Potensi Eddie Nketiah Berevolusi Seperti Thierry Henrypotret Eddie Nketiah bersama Arsenal (arseblog.news)

Beredar kabar, Eddie Nketiah sempat dihujat oleh fans. Ternyata, tidak semua fans Arsenal senang dengan keputusan dari manajemen Arsenal ini. Nketiah dinilai belum layak untuk mengenakan nomor 14 milik Henry.

Legenda Arsenal, Ian Wright, langsung mengeluarkan pembelaan. Lewat akun media sosialnya, Wright mengkritik para fans yang terlalu peduli nomor punggung, sampai menjelek-jelekkan Nketiah yang notabene pemain Arsenal sendiri.

"Anda mengaku fans Arsenal, tetapi mengapa Anda memberikan efek negatif bagi tim? Apakah kalian berani mengatakan itu (ejekan-ejekan) langsung di depan muka Eddie? Jika tidak, tutup mulut kalian!" ujar Wright.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Eddie Nketiah, Penyerang Muda Milik Arsenal

2. Nketiah memiliki atribut yang serupa dengan Henry

Potensi Eddie Nketiah Berevolusi Seperti Thierry HenryEddie Nketiah. (skysports.com)

Agaknya, ada alasan tersendiri kenapa Arsenal memberikan nomor 14 pada Nketiah. Secara karakter permainan, Nketiah memang mirip dengan Henry. Sebagai penyerang, Nketiah memiliki pace yang baik, berpadu dengan kemampuan dribel ciamik.

Tidak cuma itu, Nketiah juga andal dalam memaksimalkan ruang kosong. Musim lalu, hal ini kerap dia pertontonkan dalam laga-laga lawan tim besar, salah satunya ketika lawan Chelsea di Stamford Bridge, April 2022 lalu.

Satu gol yang Nketiah cetak di laga tersebut merupakan buah dari eksploitasi ruang yang dia lakukan. Sedangkan satu gol yang lain, merupakan buah dari insting mencetak gol Nketiah yang juga apik. Perkara insting ini, Nketiah juga sama seperti Henry.

Perkara gaya mainnya ini, Nketiah juga mengaku terinspirasi dari Henry. Apalagi, dia pernah bekerja sama dengan Henry di akademi, dan sosok asal Prancis itu memberikan banyak saran kepada Nketiah.

"Saya pernah bekerja dengan Thierry (Henry) di akademi, dan sangat senang rasanya bisa mendapatkan saran dan masukan dari penyerang top macam itu. Thierry bagus bagi saya, tidak hanya di dalam, tapi juga di luar lapangan," ujar Nketiah.

Atribut-atribut inilah yang membuat Nketiah dipercayakan untuk menyandang nomor 14. Sekarang, mampukah dia menjawab kepercayaan itu?

3. Eddie Nketiah masih berproses

Potensi Eddie Nketiah Berevolusi Seperti Thierry HenryEddie Nketiah (skysports.com)

Sejauh ini, Nketiah memang belum mencetak banyak gol bersama Arsenal. Dari 91 penampilan sejauh ini bersama 'Meriam London', Nketiah baru mencetak 23 gol. Namun, usianya masih muda. Masih ada kesempatan baginya berkembang.

Manajer Arsenal, Mikel Arteta, melempar janji untuk merawat talenta Nketiah. Dia pun senang Nketiah tetap bertahan di Arsenal, dan dia percaya, Nketiah akan memberikan nilai positif bagi klub ini.

"Kami sangat senang Eddie Nketiah tetap bertahan di Arsenal. Sekarang, tinggal pekerjaan kami untuk terus mengembangkan talenta yang dia miliki, karena dia adalah representasi dari klub ini," ujar Arteta.

Baca Juga: Cetak Hattrick Buat Arsenal, Nasib Eddie Nketiah Belum Jelas 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya