Potensi Laga Besar di Play Off Fase Gugur Liga Europa 2022/23

Liga Europa juga berpotensi hadirkan laga besar

Jakarta, IDN Times - Tidak seperti gelaran Liga Champions 2022/23, Liga Europa 2022/23 menerapkan sistem yang unik dalam fase gugur mereka. Hal itu untuk mengakomodasi tim-tim di babak 16 besar nantinya.

Sistem unik itu adalah sistem play-off fase gugur. Jadi, delapan tim runner-up grup Liga Europa 2022/23, akan dipertemukan dengan delapan tim peringkat tiga Liga Champions 2022/23. Mereka akan beradu memperebutkan satu tempat di babak 16 besar.

Nah, potensi laga besar terjadi di fase ini. Sebab, banyak tim besar Liga Champions yang terjerembab ke fase ini. Siapa saja mereka?

1. Ada Barcelona dan Juventus

Potensi Laga Besar di Play Off Fase Gugur Liga Europa 2022/23Eintracht Frankfurt benamkan Barcelona. (twitter.com/Squawka)

Tim peringkat tiga Liga Champions 2022/23 musim ini jelas bukan tim kacangan. Ada Barcelona, Juventus, Ajax, hingga Bayer Leverkusen. Selain itu, ada juga tim-tim yang berpotensi mengejutkan, seperti Sporting CP dan Shakhtar Donetsk.

Nah, jangan lupakan juga nama Sevilla. Bagaimanapun, tim ini adalah salah satu tim tradisional di Liga Europa. Kendati tengah dalam performa yang tidak baik, mereka bisa saja menyeruak dan menjadi lawan berbahaya di Liga Europa 2022/23.

Baca Juga: Xavi Keluhkan Nasib Barcelona di UCL: Lawannya Susah

2. Manchester United dan Roma berpeluang hadapi lawan berat

Potensi Laga Besar di Play Off Fase Gugur Liga Europa 2022/23Manchester United lawan Leicester City. (twitter.com/ManUtd)

Menilik lawan-lawan dari Liga Champions ini, agaknya play-off fase gugur Liga Europa 2022/23 akan hadirkan kesulitan tersendiri bagi Manchester United dan AS Roma. Lolos sebagai runner-up, keduanya harus rela ambil bagian di fase ini.

Tentu saja, MU dan Roma sudah ditunggu nama-nama macam Juventus, Barcelona, Ajax, hingga Bayer Leverkusen. Namun, Roma dipastikan tak akan bersua Juventus karena mereka berasal dari asosiasi yang sama.

3. Kapan play-off fase gugur Liga Europa 2022/23 dihelat?

Potensi Laga Besar di Play Off Fase Gugur Liga Europa 2022/23UEFA.com

Menilik jadwal play-off fase gugur Liga Europa 2022/23 akan diawali undian pada 7 November 2022. Setelah itu, baru leg pertama akan dimainkan pada 16 Februari, disusul oleh leg kedua pada 23 Februari mendatang.

Nah, delapan tim yang menang di babak ini akan melaju ke babak 16 besar Liga Europa 2022/23. Di babak ini, mereka sudah ditunggu delapan tim juara grup, yang terdiri dari nama-nama macam Arsenal, Real Sociedad, hingga Feyenoord.

Baca Juga: Lewandowski Cuma Bisa Sabar Lihat Barcelona Babak Belur

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya