Potensi Persija Vs Persib di Final Piala Menpora, Yakin Aman

Menpora yakin fans tidak akan macam-macam

Jakarta, IDN Times - Piala Menpora 2021 saat ini sudah memasuki babak semifinal. Namun, ada satu potensi yang menarik sekaligus sedikit menegangkan jika itu terjadi, yaitu pertemuan Persib Bandung dan Persija Jakarta di final Piala Menpora.

Persib dan Persija, saat ini, jadi dua di antara empat semifinalis Piala Menpora 2021, bersama PSM Makassar dan PSS Sleman. Potensi Persib dan Persija untuk melaju ke final juga terbilang besar. Apalagi, mereka berbekal materi pemain yang apik.

Menilik potensi ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, turut memberikan pandangannya. Seperti apa pandangan dari Zainudin?

Baca Juga: Momentum Balas Dendam Persija ke PSM

1. Menpora percaya pada komitmen suporter

Potensi Persija Vs Persib di Final Piala Menpora, Yakin AmanTwitter/@infokomjakmania

Menakar adanya potensi hal-hal yang tidak diinginkan jika Persib dan Persija bertemu di laga final nanti, Zainudin mengaku percaya pada komitmen para suporter. Dia yakin suporter tidak akan berbuat macam-macam jika memang nantinya Persib dan Persija bertemu.

"Saya tetap yakin komitmen dari suporter beserta pimpinannya, dan pemilik klub. Saya percaya suporter kita bisa tertib dan berkomitmen. Karena, nantinya yang rugi bukan cuma klub saja, suporter juga kena imbas. Saya yakin mereka tidak akan lakukan itu," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Rabu (14/4/2021).

2. Suporter berulah, bisa jadi izin Liga 1 dan 2 tidak terbit

Potensi Persija Vs Persib di Final Piala Menpora, Yakin AmanANTARA/Yulius Satria Wijaya/ama

Ada alasan lain juga yang menyebabkan Zainudin begitu yakin dan percaya akan komitmen dari para suporter. Menurutnya, turnamen pramusim masih dipantau oleh Polri. Ada insiden sedikit saja di ajang ini, bisa jadi izin Liga 1 dan 2 tidak akan turun.

"Kalau sampai dilakukan itu (ribut), pasti Polri akan evaluasi, apakah bakal memberi atau tidak izin (Liga 1 dan Liga 2). Kan sayang, dari 21 Maret 2021 sudah dijaga, tiba-tiba di ujungnya terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," ujar Zainudin.

"Saya kira, ini cara kita dalam beri pemahaman dan mendidik para penggemar sepak bola di masa pandemik COVID-19. Bukan kondisi yang biasa. Selebrasi di lapangan saja dilarang, apalagi ini (ribut-ribut)," tambahnya.

3. Final Piala Menpora tetap diadakan di Solo

Potensi Persija Vs Persib di Final Piala Menpora, Yakin AmanLogo Piala Menpora 2021. ligaindonesiabaru.com

Zainudin mengungkapkan, gelaran final Piala Menpora 2021 nantinya akan tetap berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Berdasarkan informasi yang dia dapat dari OC Piala Menpora, Solo ditunjuk jadi venue final karena merupakan salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

"Solo ini kan jadi salah satu tempat untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Kami harus coba semuanya. Kemarin, ada peningkatan lampu. Jadi hal-hal lain, kami sudah lihat, tetapi harus secara keseluruhannya," ujar Zainudin.

Selain itu, gelaran final Piala Menpora 2021 ini juga berpotensi ditonton secara langsung oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Akan tetapi, Zainudin menyebut belum dapat konfirmasi akan beliau akan datang menonton atau tidak.

"Jadi, saya belum dapat konfirmasi apakah beliau (Jokowi) akan hadir di lapangan (final Piala Menpora 2021) atau tidak, karena kami harus maklum kesibukan beliau sangat banyak. Kalau beliau akan datang, semua bakal kami siapkan," ungkap Zainudin.

Baca Juga: PSM Andalkan Kearifan Lokal Lawan Persija

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya