Comscore Tracker

PR Besar Timnas U-23: Mencari Pengganti Pratama Arhan

Pratama Arhan tak akan memperkuat Timnas U-23

Jakarta, IDN Times - Timnas U-23 Indonesia dalam masa persiapan menuju SEA Games 2021. Terbaru, mereka baru saja tuntas melakoni pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Dipastikan tak ada nama Pratama Arhan di situ.

Selain tuntas melakoni TC, Timnas U-23 juga akan melakukan pengerucutan skuad jelang SEA Games 2021 mendatang. Hanya ada 20 pemain yang nantinya dibawa ke Vietnam. Nah, ada satu pekerjaan rumah yang harus dibenahi oleh Timnas U-23.

Dalam waktu dekat, Timnas U-23 harus segera mencari pengganti Arhan. Apalagi, pemain yang kini membela Tokyo Verdy itu merupakan sosok penting bagi skuad Garuda Muda.

Baca Juga: Pratama Arhan Batal Bela Timnas U-23 di SEA Games 2021 

1. Pratama Arhan tak bisa perkuat Timnas U-23

PR Besar Timnas U-23: Mencari Pengganti Pratama ArhanPenampilan Pratama Arhan di AFF Cup 2020 (instagram.com/pratamaarhan8)

Pratama Arhan dipastikan tak bisa membela Timnas U-23 Indonesia di ajang SEA Games 2021. Klubnya, Tokyo Verdy tak memberikan lampu hijau untuk eks pemain PSIS itu bergabung di ajang yang ada di luar kalender FIFA.

Kepastian itu diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi. Menurut dia, federasi sudah melakukan lobi untuk bisa mendapatkan izin membawa Arhan. Namun, hasilnya nihil.

“Iya, [Pratama] Arhan tidak bergabung. PSSI tidak memaksa klub [Tokyo Verdy] dan kami sangat memahami alasan klub,” kata Yunus Nusi

Baca Juga: Pratama Arhan Belum Main di Tokyo Verdy, Warganet: Mending Ikut TC

2. Pratama Arhan diperlukan oleh Tokyo Verdy

PR Besar Timnas U-23: Mencari Pengganti Pratama Arhanpotret Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Kebijakan yang dilakukan Tokyo Verdy memang bisa dipahami, karena SEA Games tak masuk dalam FIFA Matcday. Di waktu yang sama, Pratama Arhan juga bakal disiapkan untuk melakukan debut bersama klub dalam waktu dekat melawan Vegalta Sendai.

Kans pemain berusia 20 tahun itu mendapat menit bermain pertamanya saat laga lanjutan J-League 2 [J2] cukup besar. Apalagi, dia sudah bergabung dengan klub beberapa bulan dan sudah melakukan adaptasi.

Pihak Tokyo Verdy pun menyiratkan dia bakal tampil. Mereka bahkan menyiapkannya tiket khusus untuk Warga Negara Indonesia [WNI] menonton, yakni yang kategori spesial dan gratis

Baca Juga: Pratama Arhan Dikenalkan ke Fans Tokyo Verdy Bak Messi

3. Para pemain yang bisa menggantikan Arhan

PR Besar Timnas U-23: Mencari Pengganti Pratama ArhanDok.IDN Times/istimewa

Seiring tidak adanya nama Arhan, Shin Tae Yong selaku pelatih tentu harus memutar otak mencari pemain pengganti. Apalagi, ketiadaan Arhan kadang memberikan efek buruk. Salah satunya terjadi saat laga final leg pertama Piala AFF 2020.

Ketika itu, ketiadaan Arhan membuat sisi kiri Indonesia dicecar Thailand. Alhasil, skuad Garuda kalah 0-4 di leg pertama, sehingga gagal merenggut trofi Piala AFF 2020. Shin tentu tak ingin hal serupa terjadi lagi di SEA Games 2021.

Sejauh ini, dari 29 nama yang dipanggil Shin, ada beberapa pemain yang bisa berperan sebagai bek kiri. Ada nama Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Ilham Rio Fahmi, hingga Firza Andika yang bisa diplot untuk jadi pengganti Arhan.

Akan tetapi, apakah mereka bakal cocok dalam skema Shin? Hal tersebut akan bergantung pada kepiawaian Shin, sekaligus kemampuan adaptasi pemain Timnas U-23 itu sendiri. Perjudian harus dilakukan oleh Shin untuk mengatasi kehilangan Pratama Arhan ini.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya