Premier League Siap Menginvasi Kompetisi Eropa Musim Depan

Premier League berpeluang kirim banyak wakil

Jakarta, IDN Times - Klub-klub Premier League punya potensi untuk menginvasi kompetisi Eropa musim depan, mulai dari Liga Champions hingga Conference League. Bahkan, Inggris berpotensi mengirimkan delapan wakil ke kompetisi Eropa musim depan.

Dilansir Mirror, kemungkinan ini muncul sejalan dengan prestasi apik klub-klub Inggris di Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League. Mereka sukses menempatkan minimal satu wakil di semifinal dalam ajang-ajang tersebut. Bagaimana hitung-hitungannya? Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga: 5 Klub Langganan Premier League yang Kini Berjuang di League One

1. Inggris berpotensi mendapatkan dua slot tambahan

Premier League Siap Menginvasi Kompetisi Eropa Musim DepanTottenham vs Vitesse di Conference League. (ANTARA FOTO/Reuters-Peter Cziborra)

Musim depan, Inggris berpeluang mendapat dua slot tambahan untuk ke kompetisi Eropa musim depan. Normalnya, Inggris punya enam slot kompetisi Eropa, dengan rincian empat slot Liga Champions, satu slot Liga Europa, dan satu slot Conference League.

Akan tetapi, slot ini bisa bertambah jika West Ham dan Leicester City sukses jadi juara di kompetisi Eropa musim ini yang mereka ikuti. West Ham masih berjuang di Liga Europa, sedangkan Leicester berkutat di Conference League.

Namun, jika kelak West Ham dan Leicester juara, sedangkan mereka finis tepat di posisi di mana mereka lolos ke kompetisi yang bersangkutan, slot Inggris tidak akan bertambah. Namun, situasinya akan berbeda jika hal ini terjadi.

2. Membayangkan West Ham juara Liga Europa, dan Leicester juara Conference League

Premier League Siap Menginvasi Kompetisi Eropa Musim DepanWest Ham benamkan Sevilla di Liga Europa. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tony Obrien)

Pertama, mari bayangkan West Ham menjuarai Liga Europa. Keberhasilan ini akan membawa mereka otomatis ke Liga Champions musim depan, kendati mereka tidak finis di posisi empat besar. Berarti, akan ada lima tim Inggris di Liga Champions musim depan.

Lalu, jika Leicester sukses menjuarai Conference League, mereka akan mentas di Liga Europa musim depan. Jika ini terjadi, akan ada dua tim yang lolos ke Liga Europa. Sisa satu slot Conference League musim depan bisa saja diberikan ke tim peringkat kedelapan.

Namun, pada akhirnya semua tergantung pada posisi finis West Ham. Sebab menilik hasil di Piala FA dan Piala Liga Inggris, semua tim yang lolos ke final Piala FA dan menjuarai Piala Liga Inggris sudah mengunci tempat di Liga Champions musim depan.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris Andalan West Ham United pada 2021/2022

3. Semua akan kembali pada West Ham, kenapa?

Premier League Siap Menginvasi Kompetisi Eropa Musim DepanWest Ham benamkan Sevilla di Liga Europa. (ANTARA FOTO/REUTERS/Tony Obrien)

Menilik hitung-hitungan dari Mirror, jika West Ham memenangi Liga Europa, tetapi finis di posisi keenam musim ini, tak akan ada slot ekstra di Liga Europa atau Conference League bagi tim yang finis di bawah posisi enam atau tujuh.

Malah, jika situasi ini terjadi, tak akan ada wakil Inggris di Conference League musim depan, karena slotnya akan terpakai di Liga Europa. Andai Crystal Palace memenangi Piala FA, slot Inggris di kompetisi Eropa bisa bertambah. Namun, hal itu urung terjadi.

Intinya, Premier League bisa mengirimkan banyak tim ke kompetisi Eropa 2022/23. Hal ini tak lepas dari performa apik tim-tim Inggris di Liga Champions, Liga Europa, dan Conference League, yang secara tidak langsung, memberikan dampak bagi tim-tim lain.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya