Comscore Tracker

Profil Luis Milla, Pelatih Baru Persib yang Akrab dengan Indonesia

Menangani Persib jadi pengalaman baru buat Milla

Jakarta, IDN Times - Tidak butuh waktu lama bagi Persib Bandung untuk menemukan pelatih baru. Tidak tanggung-tanggung, 'Maung Bandung' merekrut Luis Milla sebagai pelatih baru tim.

Kepastian hadirnya Milla ini sudah diwartakan Persib via situs resmi mereka. Kabarnya, Milla akan langsung menangani tim, setelah Persib sempat ditangani oleh pelatih caretaker Budiman Yunus dalam beberapa laga.

"Semoga dengan banyaknya prestasi dan pengalaman yang telah dimiliki, baik sebagai pemain maupun pelatih, Luis Milla dapat memberikan dampak positif kepada tim serta membawa Persib kembali ke jalur kemenangan," tulis pernyataan resmi klub.

Berikut adalah profil singkat dari Luis Milla, sosok yang sejatinya sudah tidak terlalu asing dengan sepak bola Indonesia.

1. Milla pernah menangani Timnas Indonesia

Profil Luis Milla, Pelatih Baru Persib yang Akrab dengan IndonesiaInstagram

Sebelum menangani Persib, Milla berkenalan dengan sepak bola Indonesia setelah dia menjadi pelatih Timnas Indonesia. Dia fokus menangani Timnas U-23 Indonesia pada periode 2017-2018, dan terjun di SEA Games 2017 serta Asian Games 2018.

Dalam dua ajang tersebut, Milla gagal membawa Timnas U-23 berprestasi. Di SEA Games 2017, Timnas U-23 hanya mampu meraih medali perunggu, setelah tumbang dari Malaysia di babak semifinal dengan skor tipis 0-1.

Sedangkan di Asian Games 2018, Milla juga gagal membawa Timnas U-23 melaju jauh. Septian David Maulana dan kolega hanya mampu mencapai babak 16 besar, usai ditumbangkan Uni Emirat Arab lewat babak adu penalti.

Baca Juga: Gabung Persib, Luis Milla: Hatur Nuhun dan Sampai Jumpa Bobotoh

2. Tak punya rekam jejak apik di level klub

Profil Luis Milla, Pelatih Baru Persib yang Akrab dengan Indonesiahttps://instagram.com/luismillacoach?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Meski gagal menorehkan prestasi apik bersama Timnas Indonesia, nama Luia Milla cukup harum di Eropa. Dia sempat membawa Timnas U-19 Spanyol menjadi runner-up Piala Eropa U-19 2010.

Berlanjut ke ajang Piala Eropa U-21 2011, Milla kembali membawa Spanyol berprestasi. Dia sukses membawa Timnas U-21 Spanyol menjuarai ajang tersebut usai mengalahkan Swiss di babak final.

Namun, di level klub, Milla belum meraih prestasi yang berarti. Sudah banyak klub yang dia latih, seperti Al Jazira, Lugo, dan Zaragoza, tetapi tak ada satu pun gelar yang Milla sumbangkan bagi klub-klub tersebut.

3. Rintangan baru Milla bersama Persib

Profil Luis Milla, Pelatih Baru Persib yang Akrab dengan Indonesiapersib.co.id

Milla memang cemerlang ketika menangani Timnas, baik itu Spanyol atau Indonesia. Dia pernah membawa Spanyol usia muda juara, dan juga pernah membawa Indonesia usia muda tampil ciamik.

Namun, menangani Persib akan jadi rintangan tersendiri bagi Luis Milla. Sosok asal Spanyol itu memang berpengalaman dengan sepak bola Indonesia, tetapi ini akan jadi pengalaman pertamanya terjun langsung di Liga 1. Akankah dia sukses?

Baca Juga: Luis Milla Kasih Selamat ke Bima Sakti Usai Antar Timnas U-16 Juara

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya