Profil Timnas Israel U-20 yang Tengah Jadi Buah Bibir

Israel U-20 adalah tim yang harus diwaspadai

Jakarta, IDN Times - Israel U-20 tengah menjadi buah bibir saat ini. Selain gelombang penolakan yang begitu santer dari beberapa elemen di Indonesia, tim asal Eropa itu ternyata sejatinya punya kualitas.

Israel U-20 sukses memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023. Kepastian itu didapat usai mereka jadi finalis Piala Eropa U-19 2022. Sayang, mereka urung menjadi juara karena tumbang di tangan Inggris.

Menilik sepak terjang ciamik di Piala Eropa U-19 2022, terlepas dari segala kontroversinya, mari kita telisik, seperti apa kekuatan yang dimiliki Israel U-20.

1. Israel U-20 pernah berjaya di Asia

Profil Timnas Israel U-20 yang Tengah Jadi Buah BibirTimnas Israel U-20. (Twitter/@ISRAELFA).

Sebelum resmi pindah konfederasi ke UEFA, Israel U-20 pernah berjaya di Asia. Total, mereka berhasil menjuarai Piala Asia U-19 sebanyak enam kali, tepatnya pada 1964, 1965, 1966, 1967, 1971, dan 1972.

Namun, Israel tidak lama berada di Asia. Penolakan yang digemakan oleh beberapa negara Asia, terkait penjajahan yang dilakukan terhadap Palestina, membuat Israel kesulitan mentas. Banyak negara menolak mereka.

Alhasil, Israel memutuskan pindah konfederasi ke UEFA pada 1994. Semua dimulai dengan rutinnya klub-klub Israel mentas di kompetisi UEFA.

Baca Juga: Fakta Menarik Israel di Piala Dunia U-20: Tim yang Mengancam

2. Banyak pemain Israel U-20 yang jago

Profil Timnas Israel U-20 yang Tengah Jadi Buah BibirPenggawa Israel U-20, Oscar Gloukh. (uefa.com).

Khusus di 2022, ada banyak pemain Israel U-20 yang jago. Salah satu pemain yang menarik perhatian adalah Oscar Gloukh. Dalam Piala Eropa U-19 2022, dia memainkan peranan penting dalam skuad Israel.

Gloukh adalah pesepak bola yang kreatif, muda, dan cerdas. Dia juga nyaman beroperasi sebagai pemain nomor 10. Kualitasnya bahkan diakui oleh beberapa klub besar Eropa, hingga akhirnya memilih membela RB Salzburg pada Januari 2022.

Selain Gloukh, pemain hebat lain yang juga menghuni Israel U-20 sekarang adalah Ilay Madman. Dia adalah gelandang tengah dengan kepekaan taktik tinggi. Dia andal mengatur tempo permainan Israel U-20.

Beberapa pemain berkualitas inilah yang akhirnya membawa Israel U-20 melangkah tinggi. Bahkan, setelah lama kesulitan bersaing di Eropa, Israel U-20 akhirnya bisa membuktikan diri sejajar dengan negara besar Eropa lain.

3. Potensi Israel U-20 menggebrak

Profil Timnas Israel U-20 yang Tengah Jadi Buah BibirTimnas Israel U-20. (Twitter/@ISRAELFA).

Di Piala Dunia U-20 2023 nanti, Israel bisa jadi tim yang mengancam. Penampilan apik mereka kala bersua lawan-lawan asal Eropa, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh tim-tim dari konfederasi lain.

Jadi, terlepas dari segala turbulensi yang ada jelang Piala Dunia U-20 mendatang, Timnas U-20 Israel adalah tim yang tetap harus diwaspadai. Tidak hanya saat ini, potensi mereka juga akan ada di beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Argentina Mau Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya