Comscore Tracker

PSG Pecat Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino Penggantinya?

Pochettino dikabarkan sudah sepakat dengan PSG

Jakarta, IDN Times - Paris Saint-Germain (PSG) mengambil keputusan terkait masa depan Thomas Tuchel. Pada Selasa (29/12/2020), PSG mengumumkan untuk memutus kontrak Tuchel. Mauricio Pochettino pun digadang-gadang akan datang sebagai pengganti.

Kontrak Tuchel bersama PSG sejatinya akan habis akhir musim ini. Namun, ada beberapa sebab yang akhirnya membuat kontrak sosok asal Jerman itu diputus oleh PSG lebih cepat.

1. Penampilan PSG inkonsisten musim ini

PSG Pecat Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino Penggantinya?psgtalk.com

Menjalani musim 2019/20, PSG mampu tampil apik di kompetisi domestik maupun Eropa. Mereka mampu menyabet gelar Ligue 1, Coupe de France, Coupe de la Ligue, dan Trophee des Champions. Mereka juga sanggup menembus babak final Liga Champions.

Namun, memasuki musim 2020/21, PSG mengalami penurunan penampilan. Di dua laga awal Ligue 1, mereka tumbang di tangan Lens dan Marseille. Sempat meraih delapan kemenangan beruntun, mereka tumbang lagi saat menghadapi AS Monaco dan Lyon.

Akibat penampilan PSG yang inkonsisten ini, mereka untuk sementara bertengger di posisi tiga klasemen sementara Ligue 1. Mereka mengumpulkan 35 poin, hasil dari 11 kali menang, dua kali imbang, dan empat kali kalah. Mereka saat ini tertinggal dari Lyon dan Lille.

2. Perselisihan dengan Leonardo

PSG Pecat Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino Penggantinya?goal.com

Selain akibat kurang konsistennya penampilan PSG, pemecatan Tuchel juga dilatarbelakangi masalah yang menimpa dirinya dan Direktur Olahraga PSG, Leonardo Araujo. Tuchel, sejatinya, meminta penguatan skuat di bursa transfer musim panas kemarin.

Tuchel punya alasan kuat kenapa ia meminta hal tersebut. PSG baru saja ditinggal Thiago Silva, Thomas Meunier, Eric Maxim Choupo-Moting, dan Edinson Cavani. Mereka merupakan  tulang punggung tim dalam beberapa musim terakhir.

“Saat ini, saya bisa bilang jika kualitas tim menurun. Jangan harap kami dapat meraih hasil yang sama seperti musim 2019/20 jika kekuatan tim cuma seperti ini. Kini, kami hanya bisa terus berjuang bersama pemain-pemain macam Julian Draxler, Juan Bernat, dan Angel Di Maria,” ujar Tuchel, dikutip dari The Guardian.

Gara-gara ucapannya itu, Leonardo berang. Apalagi, PSG diprediksi kehilangan pendapatan sebesar 300 juta euro (sekitar Rp5,2 triliun) pada 2020 akibat pandemik COVID-19. Alhasil, PSG berusaha untuk berhemat di bursa transfer musim panas lalu.

“Kata-katanya itu tidak saya sukai, demikian juga manajemen. Jika memang masih ingin di sini, hormati saja keputusan dari manajemen,” ujar Leonardo.

Baca Juga: Lionel Messi Bakal Kembali Reuni dengan Neymar di PSG Musim Depan?

3. Pochettino dikabarkan sudah setuju untuk melatih PSG

PSG Pecat Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino Penggantinya?Google

Jurnalis olahraga kenamaan asal Italia, Fabrizio Romano, sudah melemparkan kode bahwa Pochettino segera merapat ke PSG. Melalui cuitannya di Twitter, ia menyebut Pochettino dan PSG sudah mencapai kata sepakat.

Kini, Pochettino tinggal menunggu sodoran kontrak dari PSG, lalu membicarakan hal-hal detail lain bersama PSG. Ia juga mengungkapkan era baru akan segera datang di PSG, dengan Pochettino sebagai pemimpinnya.

Nantinya, mampukah Pochettino nantinya berkompromi dengan sosok-sosok macam Neymar dan Kylian Mbappe di PSG? Apalagi, selama pengalamannya melatih, ia terbilang jarang menangani pemain-pemain dengan label kelas dunia.

4. Tuchel akan merapat ke Premier League?

PSG Pecat Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino Penggantinya?goal.com

Selepas kontraknya diputus PSG, Tuchel dikabarkan segera menjadi manajer klub Premier League. Arsenal disebut-sebut akan jadi pelabuhan selanjutnya buat Tuchel, apalagi masa depan Mikel Arteta bersama Arsenal juga masih jadi tanda tanya.

Namun, Tuchel dianggap tetap mampu bersaing di Premier League. Hal itu diungkapkan oleh pengamat dari BBC, John Bennett. Ia menyebut bahwa terlepas dari pribadi Tuchel yang dianggap sulit untuk dipahami, ia tetaplah salah satu pelatih terbaik di Eropa.

"Masanya Thomas Tuchel di PSG memang sudah usai. Namun, reputasi Tuchel sebagai pelatih akan membawanya pada sebuah tawaran baru dalam beberapa bulan ke depan. Tidak menutup kemungkinan juga, ia akan melatih klub Premier League nantinya," ujar Bennett.

Baca Juga: Rindu Liga Inggris, Pochettino Beri Kode ke Manchester United?

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya