PSSI dan PT LIB Standarisasi Stadion untuk Liga 1 2023/24

Standarisasi stadion ini diperlukan

Jakarta, IDN Times - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai melakukan proses standarisasi stadion yang akan dipakai para kontestan di Liga 1 2023/24. Proses ini sudah berlangsung sejak pekan lalu.

Hingga Kamis (8/6/2023) ini, sudah ada 17 stadion yang telah dikunjungi perwakilan PSSI dan PT LIB. Stadion-stadion ini rata-rata merupakan kandang dari klub-klub yang akan mentas di Liga 1 2023/24.

1. Stadion-stadion yang dicek oleh PSSI dan PT LIB

PSSI dan PT LIB Standarisasi Stadion untuk Liga 1 2023/24Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Beberapa stadion yang sudah dicek PSSI dan PT LIB itu di antaranya Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Indomilk Arena, Stadion Gelora BJ Habibie, Stadion Segiri, Stadion Demang Lehman, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Selain itu, ada juga Stadion Jatidiri, Stadion Sriwedari, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Gelora Joko Samudro, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Stadion Gelora Bangkalan, dan Stadion Maguwoharjo yang akan dicek.

Tak hanya itu, ada beberapa stadion lain yang masih menunggu giliran untuk dilakukan pengecekan seperti Stadion Sultan Agung, Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Terdapat beberapa aspek rangkaian pengecekan yang melibatkan personel dari tim PSSI dan LIB itu, yakni aspek infrastruktur, keamanan dan keselamatan, kemudian aspek bidang pertandingan (match operation), serta aspek host broadcaster (HB).

Baca Juga: LIB Sebut VAR di Liga 1 2023/24 Habiskan Dana Rp100 Miliar

2. Proses standarisasi ini perlu dilakukan

PSSI dan PT LIB Standarisasi Stadion untuk Liga 1 2023/24potret Stadion Si Jalak Harupat (Instagram/wibisono.ari)

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan, pihaknya melakukan standardisasi stadion-stadion yang memang telah diajukan para kontestan BRI Liga 1 2023/24 sebagai kandang untuk menjamu lawan-lawannya. 

"Proses standardisasi ini memang perlu kami lakukan agar seluruh stadion yang akan dipakai oleh klub-klub Liga 1 memiliki standar yang sama sesuai aspek-aspek yang berlaku saat ini," kata Ferry dalam keterangan resminya, Kamis (8/6/2023).

"Terlebih adanya rencana kami menerapkan VAR (Video Assistant Referee), maka kualitas lampu penerangan stadion pun juga harus ada peningkatan," tambahnya.

3. PSSI dan LIB akan bekerja sama dengan Polri

PSSI dan PT LIB Standarisasi Stadion untuk Liga 1 2023/24Suasana persiapan acara kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo pada 9 November 2019. IDN Times/Reza Iqbal

Ferry menambahkan, selain proses standardisasi stadion yang dilakukan PSSI dan LIB, pada waktu yang hampir bersamaan juga diadakan re-risk assesment oleh Mabes Polri terhadap stadion-stadion yang dipakai di Liga 1 tersebut.

Parameter yang digunakan untuk risk assesment temasuk kelengkapan infrastruktur, mitigasi bencana, jalur evakuasi, dan standar prosedur pelaksanaan pertandingan.

"Jadi apa yang dilakukan PSSI dan LIB berbeda dengan pihak Mabes Polri. Kami tidak menentukan kelayakan suatu stadion, dan kaitannya dengan kapasitas jumlah penonton di Liga 1 2023/24 itu ranahnya juga ada di Mabes Polri," ujar Ferry.

Baca Juga: Liga 1 Dipastikan Libur saat Pemilu 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya