PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

PSSI klaim sudah kantongi izin dari Menpora

Jakarta, IDN Times - Masalah kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 kembali jadi perbincangan. Terbaru, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menyebut skuad Garuda diizinkan berkandang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

"Insyaa Allah untuk laga home Piala AFF, tanggal 23 Desember melawan Kamboja dan 29 lawan Thailand kami rencanakan gunakan GBK," ujar Yunus di Kemenpora, Senin (28/11/2022).

Baca Juga: Demi Piala AFF 2022, PSSI Percepat TC Timnas U-20

1. Sudah kantongi izin Menpora

PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Menpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Yunus juga mengklaim, PSSI sudah mendapatkan izin dari Menpora Zainudin Amali untuk menggunakan GBK di Piala AFF 2022. Kelak, jika ada izin, Timnas Indonesia juga akan memakai GBK lagi di laga semifinal dan final.

"Tadi sudah lapor pak menteri (Menpora). Alhamdulillah pak menteri sudah mengizinkan GBK digunakan untuk Timnas. Insya Allah kalau masuk semifinal dan final akan kita gunakan lagi," ungkap Yunus.

Baca Juga: PSSI Usahakan Sandy dan Jordi Bisa Main di Piala AFF 2022

2. Menpora tunggu izin FIFA

PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain, Menpora Amali berujar, bahwa PSSI sudah mengirim surat kepada FIFA soal penggunaan venue Piala Dunia U-20 2023 untuk ajang lain. Nah, saat ini, Menpora masih menunggu konfirmasi dari otoritas sepak bola dunia tersebut.

"Sekarang kita sedang menunggu konfirmasi dari FIFA. Kita menunggu dari PSSI yang mengajutkan surat tanggal 24 (November) yang lalu, minta ketegasan dari FIFA soal venue ini (Piala Dunia U-20)," ungkap Amali.

3. Indonesia sempat akan berkandang di Patriot

PSSI: GBK Jadi Kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi/antarafoto

Sebelumnya, PSSI sempat menyebut bahwa Indonesia akan berkandang di Stadion Patriot Chandrabhaga dalam gelaran Piala AFF 2022. Hal itu tak lepas dari larangan menggunakan venue Piala Dunia U-20 2023 dari Menpora.

Piala AFF 2022 sendiri akan berlangsung pada tanggal 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga: Sibuk di Klub, Elkan Baggott Bisa Absen di Piala AFF 2022

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya