PSSI Jajaki Naturalisasi 2 Nama untuk Timnas U-20 Indonesia

PSSI akan mengecek sang pemain ke Belanda

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebut siap menaturalisasi dua nama untuk memperkuat Timnas U-20. Dalam waktu dekat, Direktur Teknik Indra Sjafri akan berkunjung ke Belanda untuk mengecek pemain tersebut.

"Besok (Rabu (28/9/2022)) Indra Sjafri akan ke Belanda. Pemainnya masih pendekatan dan penjajakan. Ada dua nama yang sudah oke sisanya masih pendekatan," ujar Iriawan, Selasa (27/9/2022) malam.

Baca Juga: PSSI Siapkan Lawan Peringkat 60 FIFA untuk Timnas Indonesia

1. PSSI akan bicara dengan keluarga pemain

PSSI Jajaki Naturalisasi 2 Nama untuk Timnas U-20 IndonesiaDuel Timnas U-20 versus Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (dok. PSSI)

Iriawan juga mengungkapkan, nantinya PSSI akan mengadakan pembicaraan dengan keluarga dari para pemain tersebut. Untuk namanya sendiri, dia masih merahasiakan siapa yang akan dinaturalisasi kelak.

"Mungkin nanti kita akan coba bicara juga ke keluarganya. Namun, kalau dia naturalisasi harus lebih baik dari pemain kita dan harus jadi pemain inti. Untuk namanya tunggu dulu, nanti kita lihat," tutur Iriawan.

Baca Juga: Guyon Pelatih Curacao: Timnas Indonesia Mirip Brasil

2. Shin minta pemain naturalisasi jelang Piala Dunia U-20

PSSI Jajaki Naturalisasi 2 Nama untuk Timnas U-20 IndonesiaSelebrasi penggawa Timnas U-20 usai kalahkan Vietnam, Minggu (18/9/2022). (dok. PSSI).

Shin mengungkapkan, Piala Dunia U-20 merupakan turnamen yang levelnya jauh berbeda ketimbang Piala AFF. Lawan yang akan dihadapi adalah tim yang sangat kuat, Inggris, Spanyol, dan Prancis misalnya.

Maka dari itu, Shin membutuhkan kedalaman skuad yang kualitasnya merata di semua lini. Itu sangat dibutuhkan agar tak menelan malu, mengingat Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

"Khusus untuk tim U-19 membutuhkan pemain baru termasuk program naturalisasi. Ini harus dilakukan karena persaingan di Piala Dunia U-20 akan berjalan keras, ketat, dan berat sehingga dibutuhkan pemain yang benar-benar siap dari sisi apapun," kata Shin 

3. Timnas Indonesia padat agenda

PSSI Jajaki Naturalisasi 2 Nama untuk Timnas U-20 IndonesiaPara penggawa Timnas Indonesia berfoto bersama official di belakang para pendukung usai sukses mengalahkan Curacao dalam laga FIFA Matchday di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (27/9/2022). (IDN Times/Tata Firza)

Di tahun 2023 kelak, Timnas Indonesia akan padat agenda. Timnas senior berlaga di Piala Asia 2023, lalu ada juga Timnas U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023. jangan lupakan juga SEA Games 2023 Kamboja.

Belum lagi, jika Timnas U-17 lolos kualifikasi, mereka akan tampil di Piala Asia U-17 2023. Terkait hal ini, Iriawan mengaku akan mendiskusikan dengan Shin, langkah apa yang diambil agar tim bisa tetap tampil maksimal.

"Iya tahun depan padat ada SEA Games 2023, Piala Dunia U-20 untuk Timnas U-20, dan ajang-ajang lain. Nah nanti kita diskusikan. Pasti ada pelatih pengganti untuk pegang Timnas Indonesia kelompok apa, tapi nanti atas izin Shin Tae Yong," ujar Iriawan.

Baca Juga: PSSI: Timnas Indonesia Butuh Sosok Pelatih Macam Shin Tae Yong

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya