PSSI Jamin Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-20 2023

PSSI datangkan mesin jahit rumput

Jakarta, IDN Times - Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir, memastikan semua lapangan di enam stadion utama Piala Dunia U-20 2023 akan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Hal itu seiring dengan kedatangan mesin pitch stitching atau jahit rumput di Indonesia yang merupakan rekomendasi FIFA. Mesin ini nantinya akan membantu meningkatkan kualitas standar lapangan, terutama soal rumput.

Baca Juga: Bisakah Timnas U-20 Jumpa Israel di Fase Grup Piala Dunia U-20 2023?

1. Posisi mesin jahit rumput sudah ada di Bali

PSSI Jamin Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-20 2023PSSI datangkan mesin jahit rumput rekomendasi FIFA. (Dok. LOC Piala Duna U-20)

Erick berharap, kedatangan mesin jahit rumput ini bisa membuat venue Piala Dunia U-20 2023 semakin berkualitas. Dia mengatakan, saat ini mesin rumput itu sudah tiba di Bali.

"Saat ini posisi mesin jahit rumput itu sudah berada di Bali untuk meningkatkan kualitas lapangan di Stadion I Wayan Dipta dan selanjutnya akan bergilir ke lapangan lainnya," ujar Erick di Jakarta, Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga: Piala Dunia U-20: Palestina Tak Masalah Israel ke Indonesia

2. Proses jahit rumput akan berlangsung hingga awal Mei

PSSI Jamin Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-20 2023IDN Times/Reynaldy Wiranata

Panitia penyelenggara menjadwalkan proses pitch stitching ini sampai awal Mei 2023. Proses ini nantinya akan menjahit antara rumput asli dan sintetis untuk memodifikasi kerapatan rumput di atas lapangan kelak.

Setelah Bali, mesin yang dikerjakan perusahaan asal Inggris, Sisgrass itu akan dibawa menuju Surabaya dan Jakarta. Berikutnya Solo, Bandung, dan terakhir Palembang. Setiap stadion butuh waktu pengerjaan selama seminggu.

"Kami memastikan pekerjaan jahit rumput enam lapangan untuk Piala Dunia U-20 2023 akan selesai tepat waktu. Ini kebanggaan juga karena berkat PD U-20, kita punya enam lapangan sekaligus berstandar FIFA dan dunia," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Kebut Naturalisasi 3 Pemain untuk Timnas U-20

3. FIFA akan melaksanakan inspeksi pada 21 Maret 2023

PSSI Jamin Kualitas Rumput Venue Piala Dunia U-20 2023ANTARA FOTO/Maulana Surya

Erick menjelaskan, enam venue Piala Dunia U-20 2023, yakni GBK, Manahan, Gelora Bung Tomo, Stadion I Wayan Dipta, Gelora Sriwijaya Palembang, dan Si Jalak Harupat akan diaudit atau dicek ulang FIFA. Pengurangan venue pun berpotensi terjadi.

"Semua venue Piala Dunia U-20 2023 ini akan dicek ulang FIFA pada 21 hingga 27 Maret mendatang. Mereka bisa dan berhak mencoret enam stadion menjadi empat stadion dan juga lapangan latihan bisa dikurangi," ujar Ketum PSSI tersebut.

Baca Juga: Harapan Erick Thohir Usai Infantino Terpilih Lagi Jadi Presiden FIFA

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya