Comscore Tracker

PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021

PSSI sudah komunikasi dengan Menpora dan Polri

Jakarta, IDN Times - PSSI mengungkapkan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021/22 akan digelar pada 20 Agustus 2021 mendatang. Mereka optimistis kompetisi bisa dihelat di tanggal tersebut, seiring penurunan kasus COVID-19 di Jawa dan Bali. Mereka juga sudah berkomunikasi dengan Menpora dan Polri terkait hal itu.

"PSSI sudah mempertimbangkan banyak hal terkait kapan Liga 1 musim 2021/22 harus bergulir. Kami masih konsisten pada 20 Agustus 2021, Liga 1 akan bergulir," ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dilansir situs resmi federasi.

1. PSSI dan LIB akan gelar pertemuan virtual dengan klub

PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, dalam sebuah pertemuan. (Dok. PSSI)

Yunus menyebut PSSI dan LIB akan menggelar pertemuan virtual dengan klub-klub Liga 1 dalam waktu dekat. Jika kelak kompetisi terlaksana pada 20 Agustus 2021, akan dihelat tanpa penonton dan dimulai dari seri yang berlokasi di zona hijau.

"PSSI harus menjalankan kompetisi karena berpengaruh terhadap penilaian FIFA, AFC, dan AFF terhadap kami. Apalagi kami juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, play-off Kualifikasi Piala Asia 2022 dan Kualifikasi Piala AFC U-23," ujar Yunus.

Baca Juga: Rencana PPKM Enam Minggu, Bagaimana Nasib Liga 1 dan Liga 2?

2. LIB sebut pemain, pelatih, ofisial, dan wasit sudah mendapatkan vaksin

PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021Ketua OC Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita saat di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan sekarang ini, mayoritas pemain Liga 1, ofisial, pelatih, dan wasit, sudah mendapatkan vaksinasi tahap kedua. Sedangkan untuk klub Liga 2, sebagian besar sudah melakukan vaksinasi.

"Tentu ini hal yang baik menuju kick-off Liga 1 dan 2, karena kami ikut membantu tercapainya program herd immunity di komunitas kami. Pastinya, mereka yang mengikuti kompetisi harus divaksin semua,” ujar Akhnad.

3. LIB harap gelaran Liga 1 akan menaikkan imun

PSSI: Liga 1 Digelar 20 Agustus 2021PSS vs Persebaya. (ligaindonesiabaru.com)

Lebih lanjut, Akhmad berharap dengan adanya tontonan kompetisi Liga 1, imun masyarakat dapat meningkat. Piala Menpora 2021 kemarin akan jadi pelajaran bagi operator dan klub untuk menyambut kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021/22 mendatang.

"Dengan adanya kompetisi Liga Indonesia kami berharap menaikkan imun orang-orang di Indonesia. Apalagi kami akan menjalankan kompetisi dengan protokol kesehatan ketat dan tanpa adanya penonton yang hadir di stadion," terang Akhmad.

Sebelumnya Liga 1 2021/22 direncanakan akan melaksanakan kick-off pada 9 Juli 2021, dengan gelaran Liga 2 dihelat sepekan setelahnya. Namun, karena adanya PPKM Darurat serta status level empat di Pulau Jawa-Bali, kompetisi terpaksa harus ditunda.

Baca Juga: Persiapan Liga 1 dan 2 Terus Digenjot

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya