Comscore Tracker

PSSI Setuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 Digelar Juni 

PSSI tidak masalah kualifikasi digelar Juni

Jakarta, IDN Times - Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan PSSI setuju jika Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia dimundurkan menjadi Juni 2021 asalkan ada syarat yang terpenuhi. 

"Bila negara-negara lain menyepakati demikian, maka PSSI menyetujui dan menghargainya," kata Yunus seperti dikutip dari ANTARA, Selasa (26/1/2021).

1. Yunus: FAM sudah mengajak berkomunikasi

PSSI Setuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 Digelar Juni IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Usulan pemindahan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia ini datang dari Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Yunus mengatakan FAM sudah mengajak PSSI berkomunikasi tentang hal tersebut.

"Kami memang berkomunikasi dengan Sekjen FAM (Stuart Ramalingam). Mereka mohon dukungan supaya Kualifikasi Piala Dunia 2022 dialihkan ke bulan Juni 2021 karena pandemik COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: Tak Ada Jerman, Inilah 10 Besar Ranking FIFA Edisi Terbaru!

2. Semua tergantung persetujuan AFC dan FIFA

PSSI Setuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 Digelar Juni Suasana rapat daring komite eksekutif Asian Football Confederation (AFC) pada hari Kamis (10/9/2020). (the-afc.com)

Meski sudah mengusulkan pemindahan jadwal, semua tetap kembali kepada persetujuan dari AFC dan FIFA. Apalagi, status pemindahan jadwal dari Maret ke Juni ini baru sebatas kesepakatan antanegara yang tergabung di Grup G zona Asia.

"Secara resmi harus ada keputusan FIFA dan AFC. Kami masih menunggu soal ini karena hampir semua negara setuju jika kualifikasi ditunda ke Juni 2021," ungkap Yunus.

3. FAM usulkan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 dimundurkan

PSSI Setuju Kualifikasi Piala Dunia 2022 Digelar Juni ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Dalam keterangan di media Malaysia, New Straits Times, FAM memang berinisiasi untuk memundurkan jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Inisiasi ini didasari oleh pertimbangan dari AFC dan FIFA, apakah mereka akan melanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Maret atau Juni.

Selain itu, FAM juga ingin agar sisa laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia digelar secara terpusat. Berarti, akan ada negara yang menjadi tuan rumah. Dikabarkan, Thailand, UEA, dan Malaysia siap diserahi tanggung jawab menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia sendiri masih menyisakan tiga laga di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia ini. Mereka masih harus menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Meski sudah tidak mungkin lolos ke babak selanjutnya, setidaknya Timnas Indonesia harus tampil maksimal untuk memperbaiki peringkat FIFA. Selain itu, hasil kualifikasi ini juga berpengaruh terhadap Kualifikasi Piala Asia 2023 nanti.

Baca Juga: Berikut Fakta 6 Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Tahun 2021

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya