PT LIB Berharap Izin Liga 1 dan 2 Turun Mei 2021

Supaya persiapan bisa segera dilakukan

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, berharap izin Liga 1 dan Liga 2 akan turun pada bulan Mei. Hal itu sebagai ancang-ancang jika nanti kompetisi akan bergulir pada awal Juli.

"Jadi kami minta dua bulan sebelumnya (izin). Klub-klub juga sudah meminta soal kepastian itu. Nah mulai hari ini (Selasa (27/4/2021)) kami rapat lagi di PSSI dan akan langsung mengurus izin," ujar Akhmad saat ditemui wartawan di Kemenpora, Selasa (27/4/2021).

1. Asops Kapolri sudah menunggu izin

PT LIB Berharap Izin Liga 1 dan 2 Turun Mei 2021Ketum PSSI, Menpora, dan Asops Kapolri di Gedung Kemenpora. (IDN Times/Sandy Firdaus))

Akhmad juga menyebutkan Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto sudah meminta kepada LIB dan PSSI selaku federasi agar segera mengajukan izin kompetisi. Hal itu semata agar pihak kepolisian bisa cepat mengambil keputusan.

"Tadi sudah bicara dengan pak Asops, dan pak Asops bilang izinnya ditunggu sekali, bahkan ia bilang ayo cepet ngurus izin biar bisa cepat ambil keputusan. Harusnya sih nanti begitu (izin keluar awal Mei). Mohon doa dan dukungannya," ujar Akhmad.

Baca Juga: [BREAKING] Polri Beri Izin Turnamen Pramusim Liga 1 dan Liga 2

2. LIB juga masih kaji soal sistem dan format

PT LIB Berharap Izin Liga 1 dan 2 Turun Mei 2021Liga-Indonesia.id

Soal sistem dan format kompetisi, LIB juga mengaku masih melakukan kajian lebih mendalam lagi. Menurut Akhmad, melihat kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia sekarang ini, agak riskan jika kompetisi menggunakan format home and away atau kompetisi penuh.

"Mungkin nanti akan pakai sistem bubble lagi, tinggal kita lihat nanti di mana. Jadi nanti foramtnya seperti home turnamen terapi nanti akan disebar ke titik-titik tertentu. Kelihatannya sih (Jawa), tapi untuk itu tergantung masukan dari semua pihak nantinya," ujar Akhmad.

3. Proses turunnya izin tergantung rekomendasi

PT LIB Berharap Izin Liga 1 dan 2 Turun Mei 2021Persebaya.id

Akhmad mengungkapkan, waktu turunnya izin ini tidak bisa ditentukan karena memang tidak ada aturannya. Pada akhirnya, semua tergantung rekomendasi dan hasil kajian dari pihak kepolisian selaku pemberi izin.

"Nanti pasti ada diskusi lagi dengan Kemenpora, PSSI, Satgas, dan Kepolisian. Sebelum izin keluar akan ada rakor lagi. Kami akan mempresentasikan lagi, setelah itu akan dibawa rakor oleh Polri di internal dan itu nanti izin Liga 1 dan Liga baru akan keluar seperti apa," ujar Akhmad.

Baca Juga: LIB Harap Izin Pramusim Liga 1 Dan Liga 2 Segera Turun   

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya