Comscore Tracker

Rahasia Timnas U-16 Bungkam Vietnam: Taktik Berjalan Baik

Perubahan taktik membawa hal baik bagi Timnas U-16

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 Indonesia meraih kemenangan penting dalam laga terakhir fase grup Piala AFF U-16 2022. Bersua Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8/2022) malam, skuad Garuda Asia menang dengan skor 2-1.

Di babak pertama, Timnas U-16 sempat tertinggal 0-1 dari Vietnam. Namun, di babak kedua, mereka membalikkan keadaan dan akhirnya menang 2-1. Sang pelatih, Bima Sakti, membeberkan bahwa kemenangan ini hadir berkat taktik dan skema yang berjalan apik.

1. Bima menekankan perubahan taktik saat jeda

Rahasia Timnas U-16 Bungkam Vietnam: Taktik Berjalan BaikTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Bima mengaku, saat jeda istirahat babak pertama, dia menyampaikan kepada para pemain untuk melakukan serangan balik cepat. Hal tersebut terbukti ampuh karena sukses membuat lini pertahanan Vietnam kelabakan.

"Vietnam selalu menggunakan tiga pemain di belakang, makanya saya minta pemain melakukan serangan balik cepat. Kami wajib ambil inisiatif karena menit awal dan akhir babak pertama atau kedua itu masa krusial," ujar Bima saat sesi jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: Bekuk Vietnam, Timnas U-16 Tembus Semifinal Piala AFF

Baca Juga: Puja-Puji untuk Penggawa Timnas U-16, Azzaky Esa Erlangga

2. Bima juga minta pemain Timnas U-16 main lebih rapat

Rahasia Timnas U-16 Bungkam Vietnam: Taktik Berjalan BaikTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Selain meminta main dengan serangan balik cepat, saat jeda Bima juga menginstruksikan para pemainnya agar main lebih rapat. Gol yang dicetak Vietnam via titik putih, berawal dari renggangnya jarak di lini pertahanan.

"Pada babak kedua, saya meminta empat bek kami untuk bermain rapat sehingga Vietnam dipaksa untuk bermain ke arah luar. Alhamdulillah, berkat itu kami bisa menahan serangan Vietnam di babak kedua," ujar Bima.

3. Timnas U-16 menanti lawan di semifinal

Rahasia Timnas U-16 Bungkam Vietnam: Taktik Berjalan BaikTimnas U-16 bekuk Vietnam. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Berkat kemenangan atas Vietnam, Timnas U-16 dipastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Mereka tinggal menunggu lawan dari Grup C, antara Malaysia, Myanmar, atau Kamboja yang baru akan bertanding pada Senin (8/8/2022) sore.

"Kami itu tidak pilih-pilih lawan. siapa saja lawannya, Timnas U-16 siap. Baik itu Malaysia atau Myanmar, kami tetap fight yang penting kami sudah masuk semifinal, dan nanti tinggal lolos ke final Piala AFF U-16 2022," ujar Bima.

Baca Juga: Pesan Bima Sakti: Jangan Puji Timnas U-16 Berlebihan

Baca Juga: Bima Harap Suporter Padati Tribune saat Timnas U-16 Bersua Singapura

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya