Ralf Rangnick Bisa Bikin Manchester United Lebih Atraktif

Rangnick bisa menyulap United yang monoton

Jakarta, IDN Times - Sebentar lagi, Manchester United (MU) akan memiliki manajer interim baru. Tidak tanggung-tanggung, sosok yang mereka rekrut adalah Ralf Rangnick, profesor sepak bola asal Jerman.

MU kini hanya tinggal menunggu waktu buat mengumumkan kedatangan Rangnick secara resmi. Saat ini, Rangnick sedang mengurus izin kerja di Inggris. Kemungkinan besar, dalam waktu kurang dari beberapa hari ke depan, Rangnick segera diumumkan jadi manajer interim Setan Merah.

Banyak hal yang bisa diharapkan MU dari kedatangan Rangnick ini. Salah satunya, eks manajer Schalke 04 dan Hoffenheim tersebut diprediksi dapat membuat MU main lebih atraktif.

1. Filosofi dari Rangnick yang menginspirasi Juergen Klopp

Ralf Rangnick Bisa Bikin Manchester United Lebih Atraktiftwitter/liverpoolfc

Sudah jadi rahasia umum jika Rangnick adalah sosok inspirasi bagi Juergen Klopp. Sepak bola heavy metal yang ia terapkan bersama Borussia Dortmund dan Liverpool, basisnya berdasarkan dari filosofi permainan yang Rangnick terapkan semasa menjadi manajer di Jerman.

Dalam kanal YouTube The Coaches' Voice, Rangnick menyebut benci main bertahan. Sepak bola yang dia tekankan adalah sepak bola heavy metal, rock and roll. Menekan jadi kunci, tidak cuma menunggu lawan layaknya waltz.

"Sepak bola kami, sama seperti Juergen Klopp, adalah sepak bola heavy metal, rock and roll, bukan sepak bola lamban seperti layaknya waltz. Dalam sepak bola yang saya anut, kuncinya adalah bagaimana mengatur permainan, baik itu ketika menguasai bola atau kehilangan bola," tutur Rangnick.

Baca Juga: Kontroversi Ralf Rangnick: Sebut Ronaldo Tua dan Kemahalan

2. Rangnick adalah orang yang organisatoris

Ralf Rangnick Bisa Bikin Manchester United Lebih AtraktifRalf Rangnick (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Selain memiliki filosofi yang jelas, Rangnick juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kemampuan perencanaan yang apik. Informasi-informasi yang dia berikan kepada para pemainnya, semua berbasiskan data yang sudah dihimpun. Dia selalu memikirkan semua dengan matang.

"Di Jerman, kami memanggilnya sebagai profesor sepak bola. Semua yang dia lakukan selalu dipikirkan dengan matang. Kemampuannya dalam organisasi, struktur, dan perencanaan sungguh hebat," ujar Lutz Pfannenstiel, sosok yang pernah bekerja dengan Rangnick dan sekarang jadi Direktur Olahraga St Louis SC, dilansir BBC.

Berkat perencanaan dan kemampuan organisasi yang apik, berpadu dengan gaya main yang ciamik, Rangnick dikenal mampu menyulap tim-tim yang tak diperhitungkan jadi sebuah kekuatan baru. Teranyar, dia mampu menyulap RB Leipzig jadi tim yang disegani di Jerman.

3. Rangnick bisa bikin MU lebih menghibur

Ralf Rangnick Bisa Bikin Manchester United Lebih Atraktifpotret Ralf Rangnick (manchestereveningnews.co.uk)

Dengan CV-nya yang mentereng, Rangnick bisa jadi solusi bagi MU, bahkan untuk jangka pendek sekalipun. Rangnick, setidaknya, bisa membuat permainan MU lebih menghibur dan atraktif. Apalagi, selain inkonsistensi permainan, MU kini juga tengah kehilangan identitas.

Permainan MU tidak jelas, dan kadang terlalu bertumpu pada individu. Di tengah perkembangan taktik yang semakin maju, organisasi permainan jadi hal yang wajib hadir di atas lapangan. Nah, Rangnick adalah sosok yang dapat menghadirkan hal tersebut di MU.

Namun, sebagai klub besar, MU tentu bakal memberikan tantangan tersendiri bagi Rangnick. Apalagi, mereka juga punya nama dengan ego besar, termasuk Cristiano Ronaldo. Mampukah Rangnick menundukkan Ronaldo dengan kemampuan manajerialnya?

Jika Ralf Rangnick mampu melakukan ini, MU akan jadi tim yang lebih menghibur, setidaknya mulai tahun depan. MU mungkin akan seperti Liverpool dan Chelsea musim ini, yang begitu atraktif, menghibur, sekaligus menakutkan.

Baca Juga: MU Sempat Bidik Manajer Lain Sebelum Tunjuk Ralf Rangnick

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya