Ramadan yang Tak Terlalu Berpengaruh bagi PSM Makassar

PSM bahkan berpeluang juara saat Ramadan

Jakarta, IDN Times - Bulan Ramadan telah tiba. Khusus musim ini, hadirnya bulan suci bertepatan lagi dengan kompetisi Liga 1 2022/23 yang tengah bergulir. Semua klub tentu merasakan efek, tak terkecuali PSM Makassar.

Akan tetapi, situasi Ramadan ini agaknya tak terlalu berpengaruh besar bagi PSM. Sebab, pelatih mereka, Bernardo Tavares, sudah mempersiapkan trik khusus menjaga kondisi fisik para pemain skuad 'Juku Eja'.

1. Tavares berpengalaman dengan Ramadan

Ramadan yang Tak Terlalu Berpengaruh bagi PSM MakassarPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Tavares sendiri memiliki pengalaman dengan Ramadan. Sebelumnya, dia pernah mengalami situasi Ramadan saat melatih klub asal Oman, Al Nahda. pada kisaran 2014 hingga 2015 silam.

Alhasil, Tavares tidak kaget dengan situasi Ramadan di Indonesia ini. Dia bahkan sudah berkomunikasi dengan para pemain PSM perihal program latihan tim selama Ramadan.

"Saya sebelumnya sudah mempunyai pengalaman melatih dan bekerja di negara Arab. Saya kira kita harus betul-betul mengontrol energi mereka karena mereka tidak bisa makan dan minum secara normal,” ujar Tavares, dilansir situs resmi LIB.

Baca Juga: Pelatih PSM Makassar Kembali Gemas dengan Kinerja Wasit Liga 1

2. Tavares tak akan mengubah kebiasaan para pemain PSM

Ramadan yang Tak Terlalu Berpengaruh bagi PSM MakassarPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Dari hasil diskusi dengan para pemain PSM ini juga, Tavares mengaku tidak akan mengubah kebiasaan para pemain PSM secara keseluruhan. Dia hanya akan mengontrol saja, apalagi para pemain juga tak akan makan dan minum secara normal.

"Tentunya kebiasaan-kebiasaan mereka saya kira tidak ada masalah. Saya akan mengontrol itu,” ujar pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut.

3. PSM bisa memastikan gelar juara di Ramadan ini

Ramadan yang Tak Terlalu Berpengaruh bagi PSM MakassarPSM Makassar di Liga 1 2022/23. (ligaindonesiabaru.com)

Pada Ramadan 2023 ini, PSM berpeluang untuk memastikan gelar juara. Mereka saat ini berselisih 13 poin dari Persib yang berada di peringkat dua. Potensi mereka mengunci gelar lebih besar ketimbang para pesaing.

Dengan maksimal meraih dua poin saja dari tiga laga sisa mereka di Liga 1 2022/23, PSM sudah bisa memastikan gelar liga. Nah, akankah berkah Ramadan hadir bagi 'Juku Eja' musim ini.

Baca Juga: Tampil Moncer, Dua Pemain PSM Masuk "Best XI" Pekan ke-24 Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya