Ramai Kampanye Damai #Respect Jelang Persib Vs Persija

Persib dan Persija bersua di final Piala Menpora

Jakarta, IDN Times - Kampanye damai lewat tagar #Respect ramai beredar di linimasa berbagai platform media sosial jelang duel Persib Bandung versus Persija Jakarta dalam final Piala Menpora, Kamis (22/4/2021). Baik Persib dan Persija, sama-sama menggaungkan tagar #Respect di akun media sosial resmi klub.

Jadi, Persib dan Persija memasang komentar dari sejumlah mantan atau pemain aktif yang pernah membela Persib dan Persija di media sosial. Maung Bandung diwakili Budiman Yunus. Sedangkan, Persija diwakili Tony Sucipto.

Baca Juga: Wasit Laga Persija VS Persib di Final Piala Menpora Berlisensi FIFA

1. Budiman Yunus pernah bawa Persija juara

Ramai Kampanye Damai #Respect Jelang Persib Vs PersijaBudiman Yunus, asisten pelatih Persib. (persib.co.id)

Sosok Budiman Yunus, bagi Persija, adalah pahlawan. Terlepas dari statusnya sebagai orang Bandung, dia mampu jadi elemen penting yang membawa Persija menjuarai Liga Indonesia pada 2001. Dia berposisi sebagai wing-back kiri ketika itu.

Nah, jelang laga final Persib versus Persija, Budiman pun mengajak semua pihak untuk tidak kelewat larut dalam rivalitas. Persaingan boleh ada, tetapi cukup hanya di atas lapangan saja, tidak perlu melebar sampai ke luar.

"Rivalitas Persib dan Persija sudah ada sejak kami masih bermain. Tapi, itu sebatas di lapangan. Sepak bola itu alat pemersatu, bukan sebaliknya," tutur pria yang kini jadi asisten pelatih Persib tersebut.

2. Tony Sucipto pernah bawa Persib juara

Ramai Kampanye Damai #Respect Jelang Persib Vs PersijaPemain PSM Makassar, Rizky Eka Pratama (kanan) berusaha merebut bola dari pemain Persija Jakarta, Tony Sucipto (kiri) dalam pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Kondisi sebaliknya dialami oleh Tony Sucipto. Pada 2014, Tony adalah pahlawan buat Persib. Bersama Ferdinan Sinaga, Supardi, Muhammad Ridwan, Firman Utina, dan Achmad Jufriyanto, dia sukses membawa Pangeran Biru mengakhiri puasa gelar Liga Indonesia.

Namun, Tony saat ini sudah membela Persija. Sebagai pemain profesional, Tony mengaku siap memberikan yang terbaik untuk Persija, meski pernah punya kenangan manis bersama Persib.

"Saya pemain profesional. Di mana saya bermain, di situ kemampuan terbaik akan diberikan, termasuk melawan Persib di final nanti," ujar pria yang karib disapa Toncip itu.

3. Final Piala Menpora berlangsung dua leg

Ramai Kampanye Damai #Respect Jelang Persib Vs PersijaLogo Piala Menpora 2021. ligaindonesiabaru.com

Merunut jadwal dari panitia kompetisi, final Piala Menpora 2021 akan dihelat dalam format dua leg. Stadion Maguwoharjo, Sleman, menjadi venue untuk final leg 1, pada Kamis (22/4/2021).

Sedangkan leg 2 digelar pada Minggu (25/4/2021) di Stadion Manahan, Solo. Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, berharap Presiden Joko "Jokowi" Widodo bisa langsung menyaksikan laga final ini, meski paham sulit untuk hadir di tengah kesibukannya.

"Saya kira itu akan didiskusikan oleh PSSI dan Dirut LIB, tetapi kami paham kesibukan pak Presiden begitu padat. Nanti, akan kami diskusikan bagusnya seperti apa," ujar Zainudin.

Baca Juga: Persib Vs Persija: Tim Tertajam Kontra Benteng Kokoh

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya