Comscore Tracker

RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola Indonesia

Raffi Ahmad ingin sepak bola Indonesia maju

Jakarta, IDN Times - Sebuah langkah mengejutkan diambil oleh Raffi Ahmad. Bersama dengan Prestige Motorcars, pemilik dari RANS Entertainment itu memutuskan untuk mengakuisisi klub Liga 2, Cilegon United, dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC.

Dalam acara peresmian yang digelar di Prestige Image Motorcars, Rabu (31/3/2021), Raffi memperkenalkan RANS Cilegon FC ini, klub yang menjadi ejawantah dari keinginannya melebarkan sayap bisnis ke dunia sepak bola. Selain itu, lewat RANS Cilegon FC ini, Raffi mengaku ingin memberikan sumbangsih bagi sepak bola Indonesia.

"Ketika pihak dari Cilegon United FC memberi penawaran kepada RANS untuk membantu dan bekerja sama membesarkan nama tim, saya sebagai pecinta olahraga tertarik dan punya keinginan untuk membesarkan nama sepak bola Indonesia," ujar Raffi.

Baca Juga: Tak Cuma Beli Cilegon United, Raffi Ahmad Juga Mau Bangun SSB

1. Raffi dibantu Hamka Hamzah dan Bambang Nurdiansyah

RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola IndonesiaIDN Times/Galih Persiana

Selain dibantu oleh Prestige Motorcars yang dimiliki oleh pengusaha asal Indonesia, Rudy Salim, nantinya di RANS Cilegon FC ini Raffi akan dibantu oleh Bambang Nurdiansyah selaku pelatih dan Hamka Hamzah selaku manajer.

Selain itu, Raffi juga bakal dibantu oleh Roofie Ardian sebagai presiden direktur klub. Sedangkan eks CEO Cilegon United, Yudhi Afriyanto, menjadi dewan pengawas klub.

Baca Juga: Raffi Ahmad Buka Rekrutmen, 10 Lowongan Kerja di RANS Entertainment

2. RANS Cilegon FC siap mencari bibit baru di sepak bola Indonesia

RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola IndonesiaAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Lebih jauh, RANS Cilegon FC juga bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru di sepak bola Indonesia. Nantinya, bibit-bibit tersebut diharapkan tidak cuma bersinar di pentas nasional saja, tetapi juga bisa melenggang ke dunia sepak bola internasional.

"Jadi di sini kita akan fokus mencari bibit-bibit baru, dan ini salah satu kontribusi saya juga untuk olahraga dan negara di luar saya sebagai artis," ujar Raffi.

"Saya mencoba berdedikasi untuk mencari bibit dengan membangun akademi bersama Rudy Salim, yang mana kami harus kuat infrastruktur sepak bolanya agar bisa melahirkan bibit-bibit baru, tidak hanya untuk Indonesia tetapi juga nantinya bisa main di luar," lanjutnya.

3. RANS Cilegon FC siap menjadi tim yang menjunjung good corporate governance

RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola IndonesiaAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Presiden Direktur Prestige Motorcars, Rudy Salim, mengungkapkan bahwa selain jadi tempat lahirnya bibit baru pesepak bola, nantinya RANS Cilegon FC juga akan jadi tim yang profesional. Tidak cuma itu, nantinya tim ini juga akan menjadi tim yang menjunjung good corporate governance.

"Prospek sepak bola Indonesia menjanjikan. Untuk itu, kami memperkenalkan RANS Cilegon FC, di mana tim ini tidak hanya didukung dengan finansial yang baik, tetapi juga ditopang dari berbagai aspek seperti strategi, publikasi, dan dijalankan dengan norma good corporate governance," ujar Rudy.

4. Target RANS Cilegon FC di masa depan

RANS Cilegon FC, Sumbangsih Raffi Ahmad untuk Sepak Bola IndonesiaAcara peresmian RANS Cilegon FC. (Sandy Firdaus/IDN Times)

Untuk saat ini, target terdekat RANS Cilegon FC adalah membentuk tim untuk berkompetisi di Liga 2. Sebelumnya, Raffi mengungkapkan akan sowan terlebih dahulu ke Ketua Umum PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia.

Terkait pembentukan tim, Raffi mengaku RANS Cilegon FC sudah melakukan seleksi tertutup pada Senin (29/3/2021) silam. Nanti, seleksi akan diadakan lagi pada awal April, lalu diadakan secara keseluruhan untuk Jabodetabek pada 6 April.

"(Untuk seleksi) nanti akan dipandu Hamka Hamzah. Tidak cuma itu, nanti juga kami akan ke daerah untuk mencari bibit-bibit," ungkap Raffi.

Sedangkan untuk target jangka panjang, nantinya RANS Cilegon FC akan membangun pusat pelatihan bernama RANS Prestige Sportainment. Pusat latihan ini akan berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2 Jakarta, dengan luas sekitar 2,7 hektare.

Di dalamnya, akan ada lapangan sepak bola berstandar FIFA, lapangan futsal, arena skateboard, lapangan bulu tangkis, lapangan tenis, lapangan basket, wall climbing, dan arena E-sport. Tidak cuma itu, nantinya juga akan ada restoran, cafe, dan food court di pusat pelatihan ini.

Raffi pun menuturkan, upayanya ini adalah sebagai pemantik agar para pengusaha muda lain mau terjun untuk memajukan sepak bola Indonesia. Ia mencontohkan sosok Kaesang Pangarep yang juga sudah berani terjun ke dunia sepak bola Indonesia dengan menjadi CEO Persis Solo.

"Kan ada mas Kaesang (Pangarep) yang support sepak bola dengan pak Erick Thohir. Nah, saya ajak pengusaha muda yang lain agar bisa gabung juga untuk menberikan kontribusinya buat sepakbola Indonesia," ujar pria yang kini resmi jadi pemilik RANS Cilegon FC tersebut.

Baca Juga: Beli Cilegon United, 9 Bukti 'Sultannya' Keluarga Raffi Ahmad

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya